Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pengaman Dokumen Dengan Metode Algoritma XOR dan AES Berbasis Web (Studi Kasus : Bimbingan Belajar Matriks Pamulang)

Mochammad Bagoes Satria Junianto, Hendri Ardiansyah, Miftahudin Miftahudin

Abstract


Kritografi sangat erat kaitannya dengan aspek keamanan dan kerahasiaan informasi. Masalah yang biasa  terjadi dalam sebuah lembaga profit ataupun non-profit adalah keamanan data. Beberapa data yang harusnya bersifat rahasia dan tidak diperuntukan untuk umum harus dijaga kerahasiaannya dari orang yang tidak bertanggung jawab. Bimbingan belajar Matriks adalah salah satu lembaga profit yang mempunyai banyak data rahasia yang tidak diperuntukan untuk umum seperti, data keuangan, data siswa, data buku dll. Sering terjadinya kebocoran data baik ketika data disimpan didalam komputer cabang maupun ketika melakukan laporan harian dan bulanan yang dilakukan antar cabang maupun cabang dan kantor pusat yang berdampak kerugian. Algoritma AES dan Algoritma XOR dipilih sebagai metode yang digunakan dalam kriptografi ini karena kedua metode tersebut mudah diimplementasikan dan kuat dalam melakukan enkripsi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis web pengamanan dokumen yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam menjaga kerahasiaan data, baik sebelum dikirim maupun setelah sampai ke tujuan agar aspek kerahasiaan dan keamanan informasi didalammya terjaga.


Full Text:

PDF

References


D. Nurnaningsih and A. A. Permana, “Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encyption Standard (Aes),” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 177–186, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.7811.

Walgito Bimo, Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi, 2004.

D. R. Stinson and Ma. B. Paterson, Chripthography Teory And Practice. 316AD.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 20, 2016, doi: 10.30872/jim.v10i1.23.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari, and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard ( AES ) Untuk Penyandian File Dokumen,” J. Mat. UNISBA, vol. 2, no. 1, pp. 118–125, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4067.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.