Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja Baru Menggunakan Metode SAW Di PT. Amarta Mustikateknik

Joko Suwarno, Achmad Lutfi Fuadi

Abstract


Tenaga kerja merupakan aset yang berharga bagi sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya, tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya sangat dibutuhkan demi kelancaran produktivitas dari sebuah perusahaan, seiring perkembangannya mitra PT. Amarta Mustikateknik semakin bertambah, permintaan tenaga kerja baru tidak dapat diprediksi dan adanya perbedaan kriteria yang diinginkan oleh klien, akibatnya pihak manajemen personalia yang mengalami kesulitan dalam menentukan tenaga kerja baru dan penempatan tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang dinginkan mitra perusahaan. Untuk membantu dalam memilih calon tenaga kerja yang berkualitas maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam membuat sistem pendukung keputusan adalah metode Simple Addictive Weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis tidak hanya fokus pada hasil perhitungan SAW tetapi juga memberikan gambaran personal calon tenaga kerja baru kepada pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang diambil menjadi lebih tepat dan obyektif.


Full Text:

PDF

References


D. Kartiko, "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa di PT. Indomacro Prismatama Cabang Bandung," 2010.

W. &. L. S. Priyodiprodjo, "Implementasi Metode Fuzzy TOPSIS untuk Seleksi Penerimaan Karyawan," IJCCS , 2011.

S. M. G. &. M. J. Rouhani, Evaluation model of business intelligence for enterprise system using fuzzy TOPSIS, Expert Systems with Application, 2012.

H. &. W. D. Wasiati, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Tenaga Kerja Indonesia Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus: Di P.T. Karyatama Mitra Sejati Yogyakarta)," Wasiati, H., &

Wijayanti, D. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Tenaga Kerja Indonesia Menggunakan Metode NaIJNS – Indonesian Journal on Networking and Security , vol. 3, p. 2, 2014.

P. M. Hasugian, "Fuzzy Multiple Attribute Decision MAaking Untuk Menentukan Tenaga Kerja Dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus: PT.Bintang Cahaya Medan) .," no. Pelita Informatika Budi Darma, 2012.

S. Kusumadewi, "Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)," 2003.

B. Setiani, "Kajian Sumber Daya Manusia Dalam Proses Rekruitment Tenaga Kerja di Perusahaan," Jurnal Ilmiah WIDYA, 2013.

S. &. Henry, " Manajemen Sumber Daya Manusia," 2004.

H. &. Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

R. &. Veithzal, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.