Rancang Bangun Sistem Informasi Penerjemah Kerusakan ATM NCR berbasis Android (Studi Kasus PT Guna Cahaya Synergie)

Oky Gustian, Nardiono Nardiono, Mochamad Bagoes Satria Junianto

Abstract


Menanggapi keluhan customer menjadi hal penting dalam sebuah proses bisnis yang bergerak pada bidang jasa. Hal ini berkaitan pada kepercayaan dan berdampak baik buruknya penilaian yang diterima oleh perusahaan. Terdapat beberapa cara yang digunakan customer untuk melaporkan kerusakan pada ATM NCR, salah satunya dengan menggunakan email seperti yang dilakukan oleh PT Guna Cahaya Synergie. Namun dalam pelaksanaannya, ketika ada dua atau lebih email laporan yang masuk dalam waktu bersamaan, sering kali salah satu email laporan menjadi terabaikan karena tertumpuk oleh email lainnya. Kemudian, laporan tersebut harus disaring secara manual terlebih dahulu untuk menentukan zona kerja teknisi yang sesuai dengan lokasi ATM. Setibanya di lokasi, teknisi diharuskan mengecek kode kerusakan yang muncul di ATM lalu mencocokkannya dengan buku panduan, sehingga memakan waktu yang lama dalam menangani laporan kerusakan dari customer. Dalam penelitian ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, dengan tools perancangan Unified Modelling Language (UML) yaitu use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan My Structure Query Language (MySQL) sebagai database. Hasil dari penelitian ini membuktikan bila sistem dapat memproses laporan kerusakan menjadi lebih cepat, membagi zona kerja teknisi menjadi lebih tepat, serta mempermudah teknisi dalam menganalisis kerusakan ATM NCR.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Santoso, T. B., & Yuliana, M. (2010). Pembuatan Kamus Elektronik Kalimat Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa untuk Aplikasi Mobile Menggunakan Interpolation Search. Seminar Proyek Akhir Jurusan Teknik Telekomunikasi PENS-ITS, 1-7.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Universitas Widyatama, 31-36.

Setiawan, A. B., Buana, P. W., & Sukarsa, I. M. (2014). Aplikasi Translator Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati Universitas Udayana, 344-350.

Utami, A. E., Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2016). Aplikasi

Penerjemah Bahasa Inggris – Indonesia dengan Optical Character Recognition Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 167.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,” J. Inform. J. Pengemb. It, Vol. 3, No. 2, Pp. 177–183, 2018.

N. Ratama, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung,” Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 59–67, 2019.

Munawaroh, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar,” Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 17–24, 2019.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,” J. Inform. J. Pengemb. It Poltek Tegal, Vol. 03, No. 02, Pp. 184–189, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.