Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Amal
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i2.10653Abstract
Banyak dari masyarakat menerima begitu saja teknologi informasi dan komunikasi modern yang bahkan tidak dapat diakses beberapa dekade lalu. Inovasi-inovasi teknologi informasi dan komunikasi ini, telah lama dianggap sebagai hal tidak penting, selama masa tenang kini menjadi sangat diperlukan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sekarang telah ada berbagai teknologi digital yang dapat digunakan untuk menambah dan meningkatkan strategi pekerjaan, pembelajaraan dan kesehatan masyarakat. Selama pandemi COVID-19, teknologi memainkan peran penting dalam menjaga kegiatan masyarakat tetap berfungsi pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia Pendidikan. Oleh sebab itu, Peran pendidik sangat berperan penting dalam pemanfaatan ICT dimana pendidik berperan sebagai desainer pembelajaran. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui bagaimana dari sisi bidang pendidikan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media untuk meneruskan kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka dan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar dan mengajar di sekolah selama pandemi COVID-19. Metode penelitian ini dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Hasil yang diperoleh dari pertemuan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat bagaimana bidang pendidikan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan School From Home dan kepentingan manajemen pendidikan. Disimpulkan bahwa bidang pendidikan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki keunggulan dan kemudahan untuk dipergunakan oleh berbagai komponen pendidikan.
Kata Kunci :Bimbingan Teknis, Pemanfaatan Tekonologi ICT
Many societies take for granted modern information and communication technology that was inaccessible even a few decades ago. Information and communication technology innovations that have been underestimated, have now become indispensable in the face of the COVID-19 pandemic. Currently, there are various digital technologies that can be used to add and improve work, learning and public health strategies. During the COVID-19 pandemic, technology plays an important role in keeping community activities functioning during Large-Scale Social Restrictions (PSBB). The development of information technology which is increasingly rapid in the current era of globalization cannot be avoided anymore its impact on the world of education. Therefore the role of educators plays an important role in the use of ICT where educators act as learning designers. The purpose of this community service is to find out how in terms of education, the use of information and communication technology as a medium for continuing activities that cannot be done face-to-face and technology that can be used for teaching and learning activities in Indonesia. Indonesia. schools during the COVID-19 pandemic. This research method is described in a qualitative descriptive. The author uses observational data collection techniques. The results obtained from the meetings held in community service are how the education sector makes use of information and communication technology for School From Home activities and for the benefit of educational management. It is concluded that the world of education makes use of information and communication technology to continue to carry out teaching and learning activities by utilizing information and communication technology which has advantages and ease for use by various components of education..
Keywords: Technical Guidance, Utilization of ICT Technology
Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Amal
References
Adam, W. (2016). Student Perception on a Student Response System Formed by Combining Mobile Phone and a Polling Website. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 12(1)
Adisel, A. (2019). Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 105-112
Education (Science Direct, Computer & Education 50, 2008)
Evans, C. (2008). The Effectiveness of M-Learning in the Form of Podcast Revision Lectures in Higher
Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.
Hashemy, S. A., Hayati, D., & Hashemy, Z. (2012). A Survey of the Application of Information Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2(1)
Pima, J. M., Odetayo, M., Iqbal, R., & Sedoyeka, E. (2016). Assessing the Available ICT Infrastructure for Collaborative Web Technologies in a Blended Learning Environment in Tanzania: A Mixed Methods Research. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 12(1)
Prawiradilaga, D. S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Samuel, M., Mugoniwa, B., Furusa, S. S., & Rebanowako, T. G. (2016). An Analysis of the Use of Cloud Computing among University Lecturers: A Case Study in Zimbabwe. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 12(1)
Sutrisno, S., Abidin, A. Z., Winata, H., Harjianto, P., & Sunarsi, D. (2020). Penyuluhan Pengelolaan covid Sederhana Siswa SMA 6 Tangerang Selatan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 67-71.
Unesco. (2011). Education for All Global Monitoring Report. http://www.edukasi.kompas.com/read/2011/03/04463810/peringka.pendidik an.indonesia.turun/
William, W. S., Forsman, A., & Yan, J. (2015). An E-Curriculum Based Systematic Resource Integration Approach to Web-Based Education. International Journal of Information and Education Technology, 5(7).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).