Manfaat Teknologi Selama Masa Pandemi

Authors

  • Aries Yusril Ihza Mahendra Universitas Pamulang
  • Esa Bagus Pratama Universitas Pamulang
  • Erik Rudianto Universitas Pamulang
  • Fatah Yasin Universitas Pamulang
  • Syalabi Abdillah Universitas Pamulang
  • Bachtiar Arifudin Husain Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13492

Abstract

Banyak  dari  masyarakat  menerima  begitu  saja  teknologi  informasi  dan komunikasi  modern  yang  bahkan  tidak  dapat  diakses  beberapa  dekade  lalu.  Inovasi-inovasi teknologi informasi dan komunikasi ini, telah lama dianggap sebagai hal sepele, tidak  penting,  selama  masa  tenang  kini  menjadi  sangat  diperlukan  dalam  menghadapi pandemi COVID-19. Sekarang telah ada berbagai teknologi digital yang dapat digunakan untuk  menambah  dan  meningkatkan  strategi  pekerjaan,  pembelajaraan  dan  kesehatan masyarakat.  Selama  pandemi  COVID-19,  teknologi  memainkan  peran  penting  dalam menjaga kegiatan masyarakat tetap berfungsi pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Disimpulkan  bahwa masyarakat  memanfaatkan  saja  teknologi  informasi  dan  komunikasiuntuk  tetap  melaksanakan kegiatan  karena  fasilitas  dan  fitur  dari  saja  teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang memiliki   keunggulan      dan  kemudahan  untuk  dipergunakan  oleh  berbagai  kalangan masyarakat.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Komunikasi, Pandemi, Covid-19


Many of the public take for granted modern information and communication technology that was not even accessible decades ago.  These information and communication technology innovations, have long been regarded as trivial, unimportant, as long as calm is now indispensable in the face of the COVID-19 pandemic. There are now a variety of digital technologies that can be used to augment and enhance job, learning and public health strategies.  During the COVID-19 pandemic, technology played an important role in keeping community activities functioning during large-scale social restrictions (PSBB). It was concluded that the public only utilizes information and communication technology to continue to carry out activities because of the facilities and features of information and communication technology that has advantages and conveniences to be used by various groups.

Keywords: Information Technology, Communication, Pandemic, Covid-19

References

Affandi, A., et al.. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Belawati, Tian dkk. (2019). Inovasi pembelajaran. Buku Materi Pokok TPEN4406. Jakarta: Universitas Terbuka

Rawi, R. D. P., & Halina, N. (2019). Analisis Pengembangan Karir Yang Efisien Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sorong.

Yuangga, K. D., et al. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles