PELAKSANAAN QUALITY CONTROL PRODUKSI UNTUK MENCAPAI KUALITAS PRODUK YANG MENINGKAT (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang)

Authors

  • Fikron Al Choir Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i4.1545

Abstract

ABSTRAK

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk menganalisis bagaimana Quality Control produksi yang dilakukan, bagaimana kualitas produk sebuah perusahaan, dan seberapa besar pelaksanaan Quality Control dalam upaya mencapai kualitas produk yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu; (1) Check Sheet, (2) histogram, (3) Control chart, (4) diagram pareto, (5) diagam sebab akibat, (6) scatter diagram,dan diagram proses.

Hasil penelitian ini adalah satu, perusahaan menetapkan standar pengendalian sebesar 0.03. Hal ini artinya perusahaan hanya menetapkan berdasarkan barang yang diproduksi. Kecacatan yang terjadi melebihi 14 proses produksi, dan kondisi ini diangggap wajar oleh perusahaan. Dua, pengendalian kualitas produk berdasarkan metoda kendali c berkisar 0.03. Kecacatan yang terjadi dan dapat terdeteksi hanya sekitar 14 proses produksi. Dengan kata lain masih dalam batas normal. Tiga, jika dibandingkan metode perusahaan dengan metode c-chart, maka lebih efektif menggunakan metoda  dibandingkan dengan perusahaan. Hal ini terlihat dari sedikitnya barang yang cacat dan dapat digunakan sebanyak 14 proses produksi dibandingkan metode perusahaan yang melebihi 14 proses. Hal ini tentunya akan dapat merugikan perusahaan dari segi waktu dan dana yang telah dikeluarkan

 

Kata Kunci:  Quality Control, Kualitas Produk

Downloads

Published

2020-01-27