Analisis SWOT Sebagai Perencanaan Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Kabasiran, Parung Panjang, Kabupaten Bogor

Andriyani Hapsari, Mutawali Mutawali

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis peran dan potensi perusahaan, masyarakat, serta stakeholder lainnya dalam mengembangkan Desa Wisata serta merekomendasikan rencana dan strategi pengelolaan Desa Wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi riset aksi partisipatif. Diharapkan setelah pelatihan ini diperoleh gambaran tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat serta rekomendasi strategi pengembangan dan pengelolaan Desa Wisata. Dari hasil Analisis SWOT yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe perlu menerapkan strategi diversifikasi, karena berada dalam wilayah kekuatan dan ancaman. Diversifikasi harus dilakukan sebanyak mungkin, agar konsep pengembangan wisata ini bisa dikenal di masyarakat. Perlu adanya pembuatan edukasi, tempat wisata yang nyaman, dan produk olahan cabe yang unik.

Keywords


Analisis SWOT; Desa Wisata; Pariwisata Berbasis Komunitas.

Full Text:

PDF

References


Affandi, Agus,. Et.al (2014). Modul Participatory Action Research (PAR) Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing). Surabaya. LPPM UIN Sunan Ampel.

Alam (2006). Ekonomi Untuk SMA dan MA. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta

https://bogorkab.bps.go.id/statictable/2017/05/18/9/jumlah-penduduk-kabupaten-bogor-menurut-kecamatan-.html.

https://bogorkab.bps.go.id Statistik Daerah Kecamatan Parung Panjang 2016. BPS Kabupaten Bogor 2016

Istiqomah, dan Andriyanto, Irsad. 2017. “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus)” Bisnis, Vol. 5 No. 2 Desember.

Marimin. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan keputusan Kriteria Majemuk, Grasindo, Jakarta.

Picard, Michel. (2006). Bali: Pariwisata Budaya dan Budaya Pariwisata, Kepustakaan Pupuler Gramedia, Jakarta.

Prastiwi, Susmita. Meirinawati, (2016). “Manajemen Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Dalam Mengembangkan Potensi Objek Wisata Edukasi Little Teksas Wonocolo”. Publika Vol 4 No. 11

Rangkuti, Fredy. 2004. Analisis SWOT Teknik membedah Kasus Bisnis, PT. Gradia, Jakarta.

Simanjuntak, Truman., Handini, Reton,. Riyanto, Sugeng. (2016) Karawang Dalam Lintasan Peradaban Pusat Jakarta.Penelitian Arkeologi Nasional

Sucahyowati, Hari. (2017). Pengantar Manajemen. Wilis

Sulistyadi, Yohanes; Eddyono, Fauziah, dan Entas, Derinta. (2019). Pariwisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pariwisata Budaya di Taman Hutan Raya Banten, Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo.

Tomal, Daniel. (2010) Action Research for Educator. United Kingdom. Rowman and Littlefield Education

Thomson. 2007. Pengantar Bisnis: Kontemporer, Edisi 11. 2007.

Ulung, Gagas. (2009). Liburan Murah Meriah di Jogja, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yoeti, Oka A. (2002). Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi, dan Aplikasi, Kompas, Jakarta.

Zebua, Manhati, (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata Daerah, Deepublish, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Unniversitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

iconisjd150

MAILING ADDRESS

3th floor, S1 Prodi Manajemen, Univesitas Pamulang 
Kampus I Pamulang, Surya Kencana Street, Pamulang
Tangerang Selatan, Banten, 15417
Tlp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +62 878-8655-3215
E-mail: jurnarmarketing.unpam@gmail.com

Based on a work at  http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/login

 Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.