Editorial Policies

Focus and Scope

ISSN 2747-0113 (media online)

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion merupakan sarana publikasi artikel – artikel hasil pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dan kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.

Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pamulang menerbitkan jurnal ini mulai Agustus 2020 yang dijadwalkan secara berkala setiap enam bulan (dua kali setahun) yaitu pada bulan Agustus dan Februari.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

1. Penyerahan Artikel.

Penulis menyampaikan artikel dengan fokus dan ruang lingkup yang ditentukan oleh JPKM - Aphelion melalui saluran submisi.

2. Penilaian oleh Manajer Editorial.

Editor menerima kiriman dan dinilai oleh manajer editorial potensi plagiarisme dan kepatuhan terhadap pedoman penulisan jurnal. Kualitas konten artikel tidak dinilai dalam proses ini.

3. Pemeriksaan oleh Pemimpin Redaksi.

Pemimpin redaksi memeriksa keaslian artikel dan apakah artikel tersebut cukup menarik untuk diterbitkan dalam jurnal. Jika sesuai, artikel tersebut diteruskan ke reviewer untuk proses review. Jika tidak sesuai, artikel akan ditolak tanpa review lebih lanjut.

4. Pemimpin Redaksi Menetapkan Dewan Editorial.

Dalam proses penerusan artikel kepada reviewer, Pemimpin redaksi menugaskan redaksi yang akan bertanggung jawab penuh dalam komunikasi antara penulis dan reviewer.

5. Undangan ke Reviewer

Dewan redaksi akan memutuskan dan mengundang reviewer untuk memberikan kesediaan untuk memeriksa artikel tersebut.

6. Proses Review.

Reviewer mempertimbangkan kesesuaian dengan kemampuan mereka, potensi konflik kepentingan, dan ketersediaan waktu. Jika memungkinkan, ketika mereka menolak, mereka mungkin juga menyarankan reviewer alternatif.

7. Editor mengevaluasi hasil review.

Dewan editorial mempertimbangkan semua review yang dikembalikan sebelum membuat keputusan keseluruhan. Jika hasil review sangat berbeda, editor dapat mengundang reviewer lain untuk mendapatkan lebih banyak opini sebelum memutuskan.

8. Keputusan dikomunikasikan.

Editor mengirimkan email keputusan ke penulis termasuk komentar reviewer yang relevan. Jika diterima, artikel akan diproses sebagai persiapan untuk publikasi dengan penulis.

Jika artikel ditolak atau dikirim kembali untuk revisi besar atau kecil, dewan editorial harus menyertakan komentar konstruktif dari reviewer untuk membantu penulis memperbaiki artikel. Pada tahap ini, reviewer juga dikirimi email atau surat untuk memberitahukan hasil review mereka. Jika makalah dikirim kembali untuk direvisi, reviewer mengharapkan untuk menerima versi baru, kecuali penulis telah memilih keluar dari partisipasi lebih lanjut. Namun, jika hanya perubahan kecil yang diminta, tinjauan tindak lanjut ini dapat dilakukan oleh dewan editorial.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Etika Publikasi untuk Editor Jurnal

Etika Publikasi untuk Editor Jurnal

Editor harus bertanggung jawab atas semua yang diterbitkan dalam jurnal mereka. Termasuk memiliki langkah-langkah untuk menilai kualitas materi yang mereka terima untuk jurnal dan kesediaan untuk menerbitkan koreksi dan klarifikasi bila diperlukan.

Redaksi harus bertindak adil dan seimbang saat menjalankan tugasnya, tanpa diskriminasi atas dasar gender, etnis, orientasi seksual, atau keyakinan agama atau politik.

Editor harus memandu penulis dan reviwer dalam segala hal yang mereka harapkan.

 

Peer Review

Redaksi harus membuat keputusan tentang artikel mana yang akan diterbitkan berdasarkan kualitas dan kesesuaian jurnal dan tanpa campur tangan dari pemilik jurnal / penerbit.

Penjelasan proses peer review harus dipublikasikan, dan editor harus siap untuk membenarkan penyimpangan substansial dari metode yang dijelaskan.

Editor harus menangani kiriman dengan cara yang adil, tidak bias, dan tepat waktu serta memperlakukan semua manuskrip sebagai rahasia, untuk didistribusikan kepada orang lain hanya untuk tujuan peer-review.

Editor harus memiliki sistem untuk memastikan bahwa identitas peer reviewer dilindungi kecuali mereka menggunakan sistem tinjauan terbuka yang diumumkan kepada penulis dan peninjau.

Jurnal harus memiliki kebijakan dan sistem untuk memastikan bahwa pertimbangan komersial tidak mempengaruhi keputusan editorial. Editor harus menangani kiriman untuk masalah yang didanai dengan cara yang sama seperti untuk item standar sehingga artikel diterima sepenuhnya berdasarkan prestasi akademis mereka dan tanpa pengaruh komersial.

Editor harus dipandu oleh diagram alur jika terjadi dugaan pelanggaran (termasuk plagiarisme) atau sengketa penulis.

Jurnal harus memiliki mekanisme yang dinyatakan bagi penulis untuk mengajukan banding atas keputusan editorial.

 

Dewan Editorial

Editor harus menyediakan anggota dewan editorial baru dengan pedoman tentang segala sesuatu yang diharapkan dari mereka dan harus terus memperbarui anggota yang ada tentang kebijakan dan perkembangan baru.

 

Konflik Kepentingan

Editor harus memiliki sistem untuk mengelola konflik kepentingan mereka serta staf, penulis, pengulas, dan anggota dewan editorial mereka.

 

Etika Publikasi untuk Penulis Jurnal

Penulis harus menyatakan bahwa semua karya dalam karya yang mereka kirimkan adalah asli, dan mengutip konten dari sumber lain dengan tepat untuk menghindari plagiarisme.

Penulis harus memastikan kontribusi mereka tidak mengandung masalah fitnah atau melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual atau hak lain dari pihak ketiga mana pun.

Daftar penulis harus secara akurat mencerminkan siapa yang melakukan penelitian dan menulis artikel, dan semua rekan penulis harus bersama-sama menentukan urutan penulisnya.

Semua penulis harus mengetahui pengiriman makalah mereka ke jurnal dan menyetujui penulis utama menandatangani formulir HAKI atas nama mereka.

Penulis harus memastikan bahwa manuskrip mereka yang diserahkan tidak sedang dipertimbangkan (atau diterima untuk publikasi) di tempat lain. Jika bagian dari dokumen tumpang tindih dengan konten yang diterbitkan atau dikirimkan, ini harus diakui dan dikutip.

Penulis harus mendapatkan izin untuk mereproduksi konten apa pun dari sumber pihak ketiga (teks dan gambar). Sayangnya, Pers tidak dapat mempublikasikan konten pihak ketiga yang izinnya belum diperoleh (tidak termasuk materi yang tercakup dalam pemanfaatan yang adil).

Sumber pendanaan untuk proyek penelitian harus terdaftar di semua makalah penelitian yang didanai. Sumber dukungan lain (termasuk pendanaan untuk biaya pemrosesan artikel Open Access) juga harus diidentifikasi dalam manuskrip, biasanya dalam pernyataan resmi.

Penulis harus menyatakan potensi konflik kepentingan yang berkaitan dengan artikel tertentu.

Penulis harus memberi tahu editor atau penerbit jika ada kesalahan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan, dan bekerja sama dengan editor untuk menerbitkan erratum, adendum, atau pencabutan jika diperlukan.

Penulis memiliki hak untuk mengajukan banding atas keputusan editorial.

 

Etika Publikasi untuk Peninjau Artikel Jurnal

Peninjau harus membantu dalam meningkatkan kualitas artikel yang dikirimkan dengan meninjau naskah dengan hati-hati, pertimbangan, dan objektivitas segera.

Peninjau harus memberi tahu editor jurnal tentang konten yang diterbitkan atau dikirimkan yang mirip dengan materi yang sedang ditinjau, atau dugaan plagiarisme.

Pengulas harus menyatakan potensi konflik kepentingan yang berkaitan dengan artikel atau penulis tertentu.

Peninjau harus menghormati kerahasiaan informasi atau materi apa pun yang diberikan selama proses tinjauan.

 

 

Manajemen Referensi

 

Pengecek Plagiat

 

template