Penyuluhan Kepedulian dan Kesadaran Akan Bahaya Covid-19 di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap

Authors

  • Arief Syaripudin UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.13314

Abstract

Di Indonesia tingkat penyebaran Virus Covid-19 masih cukup tinggi khususnya di wilayah kabupaten cilacap, ini harus menjadi perhatian semua pihak agar penularan dan penyebaran Virus Covid-19 dapat diatasi. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan sebagai bagian dari masyarakat adalah dengan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan edukasi kepedulian dan kesadaran akan akan bahaya Virus Covid-19. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang tentunya mengedukasi masyarakat, diantara kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi dan izin, penyuluhan, pembagian masker, penyebaran poster prokes, sosialisasi melalui media online. Hasil dari adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu dan memiliki wawasan/pengetahuan akan kepedulian dan kesadaran akan bahaya Virus Covid-19, meningkatkan disiplin protokol kesehatan, dan memiliki masker sebagai alat pelindung diri guna memutus penyebaran Virus Covid-19, dan diharapkan masyarakat mampu menjadi pelopor dan garda terdepan untuk saling mengajak dan menginatkan diri dari penularan Virus Covid-19. Kegiatan ini diharapkan menjadi program KKN yang bersifat jangka panjang dan memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dalam memutus tali rantai penularan Virus Covid-19

Author Biography

Arief Syaripudin, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto

Pendidikan Agama Islam

References

Imas Novita Jualingsih, dkk, (2020), Optimalisasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19 Terhadap Masyarakat Indonesia, Jurnal Sosial & Budaya Syari, Vol. 7, Nomor. 6.

Kemenkes. 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Desease (Covid-19). Jakarta : Kementrian Kesehatan.

Leo Agustino, (2020), Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia, Jurnal Borneo Administrator, Vol. 6, Nomor. 2.

Marya Yenita Sitohang, dkk, (2020), Inisiatif Masyarakat Indonesia Di Masa Awal Pandemi Covid-19: Sebuah Upaya Pembangunan Kesehatan, Jurnal Kependudukan Indonesia, Vol. 1, Nomor.1.

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1991 tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular.

Permenkes RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Bersekala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Saleha Mufida, dkk, (2020), Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Mengangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi, Jurnal Politik Indonesia Dan Global, Vol. 1, Nomor. 2.

Downloads

Published

2022-02-28