Analisis Sentimen Aplikasi Tiktok dengan Metode Support Vector Machine (SVM), Logistic Regression dan Naïve Bayes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, R., Haerani, E., & Candra, R. M. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Wetv Untuk Peningkatan Layanan Menggunakan Metode Support Vector Machine. Journal of Information System Research, 4(3), 865–873. https://doi.org/10.47065/josh.v4i3.3353
Ansor, H. A., & Safuwan, A. (2023). Analisis Sentimen Opini Warganet Twitter Terhadap Tes Screening Genose Pendeteksi Virus Covid-19 Menggunakan Metode Naive Bayes berbasis Particle Swarm Optimization. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains), 5(1), 170–178.
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi Tiktok Seru-Seruan atau Kebodoha, 3(2) , 2569 – 6446 https://www.wartaekonomi.co.id/read186408
Bulan, S., & Rohmadani, zahro varisna. (2022). Analisis Sentimen Pada Proyeksi Pemilihan Presiden 2024 Menggunakan Metode Support Vector Machine. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 59–65.
Dimas Lutfiyanto, M., Setiawan, E. B., & Si, S. (2021). Expansion Feature dengan Word2Vec untuk Analisis Sentimen pada Opini Politik di Twitter dengan Klasifikasi Support Vector Machine, Naïve Bayes, dan Random Forest. EProceedings of Engineering, 8(5), 10399–10410.
Fazrin, F., Nurul Prastiwi, O., & Andeswari, R. (2022). Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbor dan Logistic Regression pada Analisis Sentimen terhadap Vaksinasi Covid-19 pada Media Sosial Twitter. EProceedings of Engineering, 10(2), 1596–1604.
Fide, S., Suparti, & Sudarno. (2021). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Tiktok di Google Play menggunakan Metode Support Vector Macine dan Asosiasi. Jurnal Gaussian, 10, 346–358.
Friska Aditia Indriyani, Ahmad Fauzi, & Sutan Faisal. (2023). Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine. TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 10(2), 176–184. https://doi.org/10.37373/tekno.v10i2.419
Jalu, A., Kisma, N., Raras, C., Widiawati, A., Purwokerto, U. A., Informatika, J. T., Informasi, J. T., Bayes, A. N., & Mesin, P. (2023). Microsoft Word - 20. Atmaja Jalu Narendra Kisma, Chyntia Raras Ajeng Widiawati, Suliswaningsih 174-. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 174–184.
Kamilah, S. T., Shoheh, P. A., & DKK. (2023). Analisis Konten Dakwah Dalam Aplikasi Tik Tok Di Kalangan Remaja. Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 50–62.
Kavabilla, F. E., Widiharih, T., & Warsito, B. (2023). Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Investasi Online Ajaib Pada Google Play Menggunakan Metode Support Vector Machine Dan Maximum Entropy. Jurnal Gaussian, 11(4), 542–553. https://doi.org/10.14710/j.gauss.11.4.542-553
Lestari, N., Haerani, E., & Candra, R. M. (2023). Analisa Sentimen Ulasan Aplikasi Wetv Untuk Peningkatan Layanan Menggunakan Metode Naïve Bayes. Journal of Information System Research (JOSH) 4(3), 874–882. https://doi.org/10.47065/josh.v4i3.3355
Mardiyanto, R. O. (2023). Analisis sentimen pengguna aplikasi bank syariah indonesia dengan0menggunakan0algoritma support vector machine (svm). TEKNIMEDIA, 4, 9–15.
Munfarida, N. F., & Manajemen, P. S. (2023). Review Produk Dan Content Marketing Produk Frozen. Jurnal Investasi, 9(1), 1–7.
Ndapamuri, A. M., Manongga, D., Iriani, A., Kristen, U., Wacana, S., & No, J. D. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Tripadvisor Dengan Metode Support Vector Machine , K-Nearest Neighbor , Dan Naive Bayes. JURNAL INOVTEK POLBENG, 8, 127–140.
Nirwandani, E. P., Indriati, & Wihandika, R. C. (2021). Analisis Sentimen Pada Ulasan Pengguna Aplikasi Mandiri Online Menggunakan Metode Modified Term Frequency Scheme Dan Naïve Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 1039–1047.
Nugroho, A., & Rilvani, E. (2023). Penerapan Metode Oversampling SMOTE Pada Algoritma Random Forest Untuk Prediksi Kebangkrutan Perusahaan. Techno.Com, 22(1), 207–214. https://doi.org/10.33633/tc.v22i1.7527
Puspa, T., Sanjaya, R., Fauzi, A., Fitri, A., & Masruriyah, N. (2023). Analisis sentimen ulasan pada e-commerce shopee menggunakan algoritma naive bayes dan support vector machine Analysis of review sentiment on shopee e-commerce using the naive bayes algorithm and support vector machine. INFOTECH: Jurnal Informatika Teknolog, 4, 16–26. https://doi.org/10.37373/infotech.v4i1.422
Riadi, I., & Fadlil, A. (2023). Analisis Sentimen HateSpeech pada Pengguna Layanan Twitter dengan Metode Naïve Bayes Classifier ( NBC ). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(2), 0–9. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i2.5984
Sholahuddin, Mohammad, F., Holik, A., Suprapto, C., Mahendra, Iqbal, I., Wibawanto, S., & Kurniawan, M. (2023). Perbandingan Model Logistic Regression dan K-Nearest Neighbors Dalam Prediksi Pembatalan Hotel. Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, Dan Teknik Informatika, 137–143.
Supriyanto, J., Korespondensi, P., Alita, D., & Rahman Isnain, A. (2023). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) Untuk Analisis Sentimen Publik Terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4, 74–80. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2468
Syakur, A. (2021). Implementasi Metode Lexicon Base Untuk Analisis Sentimen Kebijakan Pemerintah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 PADA TWITTER. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 26(3), 247–260. https://doi.org/10.35760/ik.2021.v26i3.4720
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jtsi.v6i3.31076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Isna Riaandita Ainunnisa, Sulastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi (ISSN: 2654-3788 e-ISSN: 2654-4229)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License