Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Mi Mathlaul Anwar Pamulang

Authors

  • Zakaria Zakaria Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12366

Keywords:

Harga, Lokasi, Kepuasan Orang Tua

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang.

Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS).

Hasil. Hasil dari penelitian ini adalah harga memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang, hal tersebut menunjukan bahwa peningkatan harga yang wajar serta masih terjangkau oleh kemampuan Orang Tua Murid, maka kepuasan Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang juga akan meningkat. Lokasi memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang, hal tersebut menunjukan bahwa semakin strategis lokasi sekolah dan mudah di akses oleh peserta didik maka akan meningkatkan kepuasan Orang Tua Murid di MI Mathlaul Anwar Pamulang.

Implikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi MI Mathlaul Anwar Pamulang tentang bagaimana meningkatkan kepuasan orang tua murid yang dapat dilakukan dengan cara memperhatikan faktor harga dan lokasi.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arif, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Orang Tua Siswa di MI NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Quality. 4(1),

Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektornik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi). 1(1).

Ghozali, I., & Latan, H. (2017), Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hair et. al (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) An emerging tool in business research. European Business Review. 26(2).

Iskandarsyah, N.M., & Utami S. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Murah Di Hadrah Property. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. 2(1). https://doi.org/10.24815/jimen.v2i1.3826.

Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Andini Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management. 1(1).

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A, (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua, Jakarta: Salemba Empat.

Nurhalimah, S., Hasiholan, L.B., & Harini, C. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Garasi di Ungaran). Journal of Management. 4(4).

Oktarini, R., & Rahmayanti. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Lembaga Pendidikan (Studi Empiris Pada SMA Imtek Pagedangan Tangerang). Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran. 7(2).

Prasetia, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Villa Cahaya Pacet Mojokerto. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 8(11).

Singal, S. C., Koleangan, R. A. M., & Jantje L. Sepang. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Menonton Di Bioskop Cgv Blitz Cinemas Manado. Jurnal Emba, 7(3), 3009–3018.

Solihin, D. (2021). The Influence Of Brand Image And Atmosphere Store On Purchase Decision For Samsung Brand Smartphone With Buying Intervention As Intervening Variables (Study on Samsung Experience Store Karawaci Customers). International Journal of Social Science and Business. 5(2).

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., dan Anastasia Diana. (2015). Pelanggan Puas ? Tak Cukup. Yogyakarta: Andi.

Windasuri, H., Hyachinta, S., & Team, B. G. (2016). Excellence Service. Jakarta: PT Gramedia Utama

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Zakaria, Z. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Mi Mathlaul Anwar Pamulang. Jurnal Arastirma, 1(2), 282–290. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12366