PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEALER MOTOR HONDA CABANG BINTARO TANGERANG SELATAN

Siti Aprilliani, Ani Meryati

Abstract


Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Motor Honda Tangerang Selatan.

Metode. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif jenis metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli pada Dealer Motor Honda Tangerang Selatan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 98 responden. Metode analisis data menggunakan SEM PLS.

Hasil. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Motor Di Dealer Motor Honda Cabang Bintaro Tangerang Selatan. Indikator yang memiliki kontribusi paling besar terhadap kualitas pelayanan adalah indikator berwujud dengan nilai loading faktor sebesar 0,880. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian indikator yang paling memberikan kontribusi adalah indikator pencarian informasi sebesar 0,700.

Implikasi. Hendaknya pihak dealer perlu meningkatkan aspek berwujud atau bukti fisik yang meliputi sarana dan prasarana gedung serta peningkatan pada indikator pencarian informasi dalam hal ini memperbanyak iklan dan sumber informasi lainnya guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Wirawan, R., & Irdiana, S. (2019). Jurnal Riset Manajemen Volume 2 Number 1, Maret 2019 | 38 Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret di Kecamatan Lumajang TBK MALALAYANG. Jurnal Riset Manajemen, 2 N.

Amrullah, Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Asri, D. T. Y., Hidayat, W., & Ngatno. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Tunggul Sakti Sejahtera Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 4(3), 188288.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Chabibi, I., Hasiholan, L.B., & Harini, C. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Pembelian Sebagai Intervening (Studi Kasus Dealer Jaya Motor Semarang). Journal of Management. 4(4).

Fatin, W. A., Ato’illah, M., & Lestari, D. E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Es Krim Glico Wings (Studi Kasus di Outlet Anugerah Abadi Lumajang). Jurnal Riset Manajemen, Volume 1,

Ghozali, Imam., & Latan, Hengky (2017), Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Kasmir. (2017). Customer Services Exellent Teori Dan Praktik. In 1 (Ed.), Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Manengal, C. D. (2015). The Effect of Service Quality, Quality Product and Pricing on Purchase Decision. Jurnal EMBA, 3(3), 1254–1264.

Qomariyah, S., & H, C. M. S. (2015). Pengaruh Harga, Tempat, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Dealer Suzuki PT. Dwimitra Sejahtera Utama Sidoarjo. Majalah Ekonomi, 20(2), 245–259.

Rahayu, S. S., Taufik, M., & Ato’illah, M. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Puri Lestari Catering Bandung. Gastronomy Tourism Journal, 2(1), 161–171.

Rusydi, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, Bandung: Alfabeta.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7

Sugiyono. (2014). MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A., Komarudin, K., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada PT. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 1(1), 68–75. Https://Doi.Org/10.32493/Arastirma.V1i1.10063

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Tuju, R. E., & Loindong, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Hasjrat Abadi Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1798–1807. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20480




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ARASTIRMA: Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnalarastirma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.