PENGARUH SALESMANSHIP TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA PADA TUNAS TOYOTA CIPUTAT

Amirudin Amirudin, Dede Hendra, Didi Sunardi

Abstract


Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Salesmanship Terhadap Penjualan pada Tunas Toyota Ciputat.

Metode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Kuesioner, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik yaitu Uji Deskriptif, Uji Regresi Linear sederhana, Uji Hipotesis yaitu Uji t dan Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24.

Hasil. Hasil Uji Regresi Linear Sederhana Y = 11,546 + 0,722X artinya bahwa setiap penambahan 1% Salesmanship (X) maka Penjualan (Y) akan meningkat sebesar 0,722. Nilai thitung dari variabel Salesmanship (X) adalah 7,673 dan ttabel 1,99834 (thitung > ttabel) artinya hipotesis H₁ diterima dan H₀ ditolak, artinya terdapat pengaruh antara Salesmanship (X) terhadap Penjualan (Y). Hasil Uji Koefisien Determinasi pada penelitian ini yaitu 0,483 yang artinya pengaruh Salesmanship (X) terhadap Penjualan (Y) sebesar 48,3%. Sedangkan sisanya (100% - 48,3% = 51,7%) dipengaruh oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.


Keywords


Salesmanship dan Penjualan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, (2010), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofjan. (2009). ”Manajemen Pemasaran”, Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Baduara, Sotar, 2004. “Salesmanship Ilmu dan Seni menjadi penjual yang Sukses”, PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Baduara, Sotar dan Sirait, Sabar Martin (2006). “Salesmanship, Ilmu dan Seni Menjadi Penjual Yang Sukses”. Edisi Keempat. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Chandra, Gregorius. (2002). “Strategi Dan Program-program Pemasaran”. Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi

Febrianto Nur Sahid, (2005). Analisis Pengaruh Salesmanship Dan Sales Promotion Terhadap Penjualan Onderdil Sepeda Motor Di Daerah Malang. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Malang.

Fernandes, Ari Eka, (2009). Pengaruh salesmanship dan sales promotion terhadap penjualan minuman berkarbonasi pada PT Coca Cola Botling Indonesia Cab. Pekanbaru. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Pekanbaru.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2001). “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Jilid II Edisi kedelapan, Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. (2001). “Manajemen Pemasaran”. Edisi Milenium. Jilid I dan II. Alih bahasa oleh Hendar Teguh, Ronny A. Rusly dan Benyamin Molan. Penerbit Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, (2004). “Dasar-dasar pemasaran”, Edisi Kesembilan, JIlid 1. Erlangga. Jakarta.

Lamb, Hair dan Daniel. (2001). “Pemasaran”, Buku Ke Dua, Salemba Empat: Jakarta.

Nitisemito, Alex, (2005), “Marketing”, Ghalia Indonesia.Jakarta.

Rismiati dan Suratno. (2001). “Pemasaran Barang Dan Jasa”. Kanisius. Yogyakarta.

Siswanto, (2001). “Perilaku Konsumen”. PT Eresco. Bandung.

Sugiyono, (2013), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Penerbit Alfabeta,

Susanti, Merry Tri, (2006). Pengaruh Salesmanship Terhadap Keberhasilan Penjualan Rokok Pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading Nganjuk. Skripsi, tidak di publikasikan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah. Malang.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Swastha, Basu dan Irawan. (2000). “Manajemen Pemasaran Modern”. Yogyakarta : Liberty Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ARASTIRMA: Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnalarastirma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.