Strategi Digital Marketing yang dapat di Terapkan untuk Bisnis Kecil Pada Anggota Komunitas Senam Nusantara (Ksn) Kecamatan Setu Kabupateng Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30219Keywords:
Digital Marketing, Bisnis KecilAbstract
PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat dilakukan oleh mahasiswa maupun oleh dosen dari Universitas maupun Institusi Pendidikan lainnya. Untuk dosen, Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu dari kewajiban dosen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pelatihan secara langsung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meninjau perkembangan aktualisasi masyarakat terhadap kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya dengan harapan dapat dilaksanakan sesuai dengan teori yang telah di peroleh melalui kegiatan yang telah dilaksanakan. Evaluasi juga bertujuan untuk memahami pola pemahaman masyarakat terhadap informasi baru yang diperoleh dari pelaksana kegiatan. Hasil ini diharapkan dapat diterapkan untuk bisnis kecil pada anggota komunitas senan nusantara (KSN). Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh oleh peserta yaitu mendapatlan peningkatan stratego digital marketing yang dapat di terapkan untuk bisnis kecil pada anggota komunitas senam nusantara (KSN) dan berjumlah 55 orang. Pengetahuan yang diperoleh pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu agar mau dan mampu mengambil tindakan yang dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang digital marketing, dapat membuat strategi pemasaran menggunakan basis digital pada kegiatan kewirausahaan dan juga mampu merubah pandangan tentang media digital yang pada kenyataannya mampu meningkatkan pendapat pribadi mereka maupun komunitas tempat mereka bekerjaReferences
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33)
Griffin, Ricky W. dan Ronald J. Ebert. 2007. BISNIS, edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga
Kumara, D., Kasmad, K., & Dimiyati, A. (2023). Mengemas Content Marketing Untuk Produk Lokal Dalam Era Digital di Desa Ciampea Udik. DEDIKASI PKM, 4(1), 111-117. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27606
Mutmainnah, M., Utomo, N., & Hanum, N. (2023). Strategi Penguatan Digital Marketing Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 103-110. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27603
Setiana, L. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Solihin, D., Ahyani, A., & Aprilliani, S. (2023). Pelatihan Promosi Penjualan Online Bagi Pedagang Bakso di Desa Ciseeng Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 64 - 68. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27492
Wibowo, R.A. (2015). Kesuksesan E-commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2(1), p. 1 – 52
Yuliawati, Y., Oesman, I., Syahril, D., & Yugistira, B. (2023). Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM di Desa Lebak Muncang Ciwidey. DEDIKASI PKM, 4(1), 126-133. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.28096
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.