Optimalisasi Strategi Marketing Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Umkm Di Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31282Keywords:
Strategi Pemasaran, UMKM, Digital MarketingAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. E-Marketing atau digital marketing diartikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran serta upaya pengembangan atau penyesuaian konsep pemasaran itu sendiri, dapat berkomunikasi dalam cakupan global, dan mengubah cara perusahaan melakukan bisnis dengan pelanggan. E-Marketing merupakan suatu proses pemasaran yang menggunakan teknologi komunikasi elektronik, khususnya internet. Khalayak sasaran adalah UMKM Cisauk dimana Salah satu pelaku UMKM nya di daerah Cisauk yaitu usaha. Penggunaan media digital ini selain menjadi solusi untuk mendongkrak penjualan namun disisi lain, dalam penggunaan dan pemanfaatannya justru menjadi kendala tersendiri. Remaja merasakan tidak ada peningkatan penjualan sekalipun sudah menggunakan salah satu e-commerce yaitu Shopee. Oleh karena itu, target yang ingin dicapai melalui kegiatan Pengabdian ini adalah pemanfaatan media digital baik e-commerce atau media digital lain secara maksimal sebagai strategi penjualan dalam peningkatan daya saing produk umkm setempat. Luaran yang diharapkan melalui kegiatan ini adalah optimalisasi strategi marketing dalam peningkatan daya saing produk UMKM, membuat artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional setra laporan kegiatan.References
Ariyanto, Aris (2019), The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate
Assauri, (2014), Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Atik dan Ratminto, (2014), Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Daryanto, (2014), Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.
Effendi M. Guntur, (2014), Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Ghozali, (2015), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Hasan, (2019), Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.
Hasibuan, (2019), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta. Jhon D. Millet, (2015), Management in the public service: The quest for effective performance.
Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Susanto, N., & Darmadi. (2020). MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UKM KELURAHAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGGERANG-BANTEN. 1(3), 93–97.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.