ANALISIS KEKERASAN DAN KUAT BENDING BAHAN RANGKA PADA MESIN PENGIRIS KENTANG

Jannu Gumilang Iswanto, Sunardi Sunardi, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, banyak alat-alat teknologi yang diciptakan untuk membantu membuat keripik kentang dan umbi diperlukan mesin guna mempercepat proses pengirisanya, yang disebut Mesin Pengiris Kentang. Rangka adalah struktur datar yang terdiri dari sejumlah batang-batang yang di sambung-sambung satu dengan yang lain pada ujungnya, sehingga membentuk suatu rangka kokoh. Konstruksi rangka bertugas mendukung beban atau gaya yang bekerja pada sebuah sistem tersebut. Beban tersebut harus ditumpu dan diletakkan pada peletakan tertentu agar dapat memenuhi tugasnya. Maka akan melakukan analisis dari salah satu komponen utama pada mesin pengiris kentang yaitu “analisis kekerasan dan kuat bending bahan rangka pada mesin pengiris kentang“ maka yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana pengaruh ketebalan bahan rangka mesin pengiris kentang terhadap Kuat Bending dan Kekerasan kontruksi. Tujuan dari Penelitian ini untuk Mengetahui Kuat Bending dan kekerasan bahan rangka pada mesin pengiris kentang. Pada pengujian kuat bending di dapatkan data dengan nilai kuat bending pada bahan Uji 1 dengan ukuran ketebalan 2 cm dengan nilai rata-rata 23480,68 kgf/cm2 , pada bahan Uji 2 dengan ukuran 3 cm dengan nilai rata-rata 26054,71 kgf/cm2 , dan pada rangka bahan Uji 3 dengan ukuran 4 cm dengan nilai rata-rata 28844,96 kgf/cm2 . Pada pengujian kekerasan bahan rangka dengan 3 variasi ketebalan dan 10 kali percobaan didapat nilai rata – rata, pada Bahan Uji 1 Tampak Atas 230,5 HL dan Tampak Bawah 237,7 HL, Bahan Uji 2 Tampak Atas 215,9 HL dan Tampak Bawah 215,3 HL dan Bahan Uji 3 Tampak Atas 207,7 HL dan Tampak Bawah 199,8 HL.

Keywords


Pengujian; Kekerasan; Kuat Bending

Full Text:

PDF

References


Don Hitamarta. 2018. ” Analisis Kekuatan Sistem Pulley Dan Belt Pada Mesin Penghancur Plastik “.Skripsi. Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.

Akbarudin. S.T 2020. “Analisis Kekerasan dan Keausan Pulley dan Belt Pada Mesin Pengiris Singkong dengan Kapasitas 100 kg/jam”. Skripsi Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.

Agung Prasetyo. S.T 2020. “ Analisis Kemampuan Kerja Transmisi Pulley dan Belt Pada Mesin Iris Dengan Daya 0,18 kW”. Skripsi Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.

MOH. SOLIHIN, IR. HJ UNUNG LESMANAH. 2010. “ PERENCANAAN MESIN PERAJANG SINGKONG KENTANG DAN PISANG DENGAN MENGGUNAKAN EMPAT PISAU. JURNAL. MALANG: UIM.

Robi Cahyadi.2019. “ Analisis Laju Keausan Baja Suj2 Hasil Variasi Temperatur Tempering Untuk Aplikasi Ball Bearing “. Jurnal. Bekasi: UI.

Sularso, “Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin Edisi ke-6”, PT. Pradnya Paramita, Jakarta, 1987.

Sularso. 2008. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita

Wahyu K. Sugandi, Asep Yusuf, Ahmad Thoriq. 2017. “ Rancang Bangun Mesin Pengiris Talas Semir”. Jurnal karya mesin vol.8. Bandung: FTIP.

Yogasmara Qorianjaya. 2017. “Perancangan Pulley Dan Sabuk Pada Mesin Mixer Garam Bleng “. Proyek Akhir. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Achmad Zainuri, S.T., M.Eng. 2010. “ Elemen Mesin II ” Mata Kuliah Elemen Mesin II. Mataram: Universitas Mataram.

Dwi Prajuridno. 2018. “Analisis Kekerasan Dan Keausan Kampas Rem Original Dan Non Original Sepeda Motor Matik”. Skripsi. Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.