Edukasi Tentang Pentingnya Memanage Keuangan Dan Menabung Sejak Dini Dengan Membuat Celengan Lucu Dari Kardus Bekas Di Yayasan Al-Kamilah Depok

Authors

  • Icha Siti Khodijah Universitas Pamulang
  • Riki Maulana Universitas Pamulang
  • Rini Kusrini Universitas Pamulang

Abstract

Manajemen keuangan pribadi adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya (money). Mengetahui manajemen keuangan pribadi, merupakan langkah awal untuk aplikasi yang tepat ketika mengelola uang pribadi. Tabungan dan investasi merupakan salah satu indikator dalam perekonomian negara yang dapat menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi. Menabung sudah mulai ditanamkan sejak dini oleh beberapa orang tua kepada anaknya. Karena tabungan memiliki peranan penting di masa depan. Pengabdian ini melakukan kegiatan edukasi tentang pentingnya memanage keuangan dan menabung sejak dini kepada anak anak di Yayasan Al-Kamilah Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang literasi keuangan melalui menabung, dengan memberikan contoh bagaimana cara membuat celengan lucu dari kardus bekas. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka (on the spot training) menggunakan metode penyampaian materi edukasi dengan teknik sosialisasi dan penyuluhan, tanya jawab, praktek membuat celengan, serta dengan menambahkan permainan. Kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan oleh pihak yayasan dan juga dilingkungan masyarakat sekitar serta mampu menumbuhkan kembali kebiasaan menabung pada generasi muda Indonesia yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

 

Kata Kunci:  Manajemen keuangan; Menabung sejak dini; Yayasan Al-Kamilah

Author Biographies

Icha Siti Khodijah, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Riki Maulana, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

Rini Kusrini, Universitas Pamulang

Prodi Sarjana Akuntansi

References

Abd, A. R., Gani, O., & Rahmawati. (2019). PENYULUHAN MEMBANGUN KESADARAN MENABUNG SEJAK DINI PADA SISWA SDN 2 LENGKONG WETAN KELURAHAN LENGKONG WETAN TANGERANG SELATAN BANTEN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jakarta Selatan: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

David, Y. (2015). Bang Bing Bung Ayo Menabung : 8 Cerita Asyik Tentang Mengelola Uang. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Diskaertes. (2019, Februari 12). Langkah Pertama Menuju Kebahagiaan. Artikel Perencanaan Keuangan Keluarga.

Ghozie, P. H. (2013). Make it happen ! : Buku pintar rencana keuangan untuk wujudkan mimpi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kobliner, B. (2017). Make Your Kid A Money Genius (Even If You're Not). A Parents' Guide for Kids, 3-23.

Kompas.com. (2016, 07 18). Pentingnya Membiasakan Menabung Sejak Dini. Dipetik 11 2021, 20, dari https://biz.kompas.com/: https://biz.kompas.com/read/2016/07/18/115441828/pentingnya.membiasakan.menabung.sejak.dini

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (hal. 296-301). Medan: Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan.

Ristanto, S. (2017). Smart Saving:Rahasia Sukses Menabung. Yogykarta: Asdamedia.

Santoso, C. S. (2011, Februari 6). “Menabung Sejak Diniâ€. 7Edisi Minggu Bisnis Indoneia.

Sirine, H., & Utami, D. S. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung DiKalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Downloads

Published

2022-04-15