Penyuluhan Pada Anak Anak Panti Asuhan Ypms Mengenai Urgensi Menabung Sejak Dini Dalam Upaya Pengelolaan Keuangan Yang Lebih Baik

Authors

  • Mendy Feila Maryam Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Misli Latifah Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Melati Mellse Aprilia Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Padilatul Hasanah Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Pengabdian masyarakat Universitas Pamulang melakukan salah satu kegiatan penyuluhan mengenai “Urgensi menabung sejak dini dalam upaya pengelolaan keuangan yang lebih baik†kepada anak-anak YPMS, untuk meningkatkan kesadaran mengenai menabung dikalangan anak-anak. Menabung merupakan kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi pada kenyataannya masih jarang sekali dilakukan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan orang tua sebagai pendidikan pertama tidak bisa memberikan pemahaman mengenai menabung kepada anaknya. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara pengelolaan keuangan yang baik, memberikan edukasi mengenai pentingnya menabung sejak usia dini, dan meningkatkan kreativitas anak-anak dengan menghias celengan dari kertas origami. Metode kegiatan menggunakan tahapan: survey ke panti asuhan YPMS untuk meminta perizinan kepada ketua Yayasan, penyusunan materi, persiapan metode dan alat yang diperlukan, pelaksanaan penyuluhan mengenai urgensi menabung serta pengelolaan keuangan, dan pembuatan laporan. Sedangkan penyampaian materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab, quiz dan pemutaran video pendek mengenai menabung. Selain pemamaparan materi anak-anak juga diajak untuk menghias sebuah celengan sesuai dengan keinginan mereka. Hasil dari kegiatan PKM ini, menunjukan sebagian besar (90%) anak-anak SD YPMS belum memiliki pengalaman menabung, mereka juga belum terlatih untuk mengatur uang jajan mereka untuk ditabungkan. Hasil lain dari kegiatan ini adalah anak-anak sangat antusias dan memberikan respon positif dengan mendengarkan materi dan berlomba-lomba menghias celengan mereka. Diharapkan dengan kegiatan yang sudah dilakukan, anak-anak dapat mulai mengerti dan memahami manfaat menabung dan termotivasi untuk menabung.

Kata Kunci: penyuluhan; menabung; keuangan

References

Dinda, B., Ayu, P., Aryani, R. A. I., Bagus, I. N., Kresna, A., & Nasri, M. H. (2022). Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Menabung Sejak Dini di TK Yarsi Mataram. 1(2), 97–104.

Fatikasari, N. (2022). Sosialisasi Menabung Sejak Dini Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Siswa Kelas 6 Sd Negeri Senden 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 3883–3890.

Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063

Oktafian, F., Pane, A. S., Agriansyah, Y., Pranesti, D., Muntahana, & Yusmaniarti. (2022). Sosialisasi Pembukuan Umkm, Dan Penyuluhan Gerakan Menabung Sejak Dini Bagi Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 143–148. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3104

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 296–301.

Romlah Abd Gani, A., & Fiska Soviah, O. (2019). Penyuluhan membangun kesadaran menabung sejak dini pada siswa SDN 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 6.

Sadri, M. (2019). Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 290–295.

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(1),14–20. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236

Downloads

Published

2023-04-01