Peningkatan Kreativitas Pada Anak Yayasan Yatim Piatu Berbasis Keterampilan Jahit Bernilai Ekonomi

Authors

  • Salma Chairunnissa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Rury Azalia Audianti Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Novita Putri Anggira Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Eva Yunita Malau Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Vivi Iswanti Nursyirwan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini didasari oleh banyaknya anak yang masih kurang terampil dalam mengembangkan kreativitas yang ada di dalam diri mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan agar dapat membantu anak-anak dalam menumbuhkan kreativitasnya melalui media menjahit. Kegiatan ini juga mengajarkan bahwa hasil dari kreasi yang dibuat memiliki nilai ekonomis dengan tujuan agar dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak-anak sejak dini. Sasaran kegiatan ini adalah siswa/i SMP dan SMA di Yayasan Yatim Piatu Al-Kamilah Kel. Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang dimiliki Mahasiswa kepada lingkungan sekitar dan juga menjadi upaya untuk meningkatkan kreativitas anak dan sosialisasi bahwa kerajinan tangan dapat memiliki nilai ekonomis. Metode pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini berupa pelatihan teknik menjahit dengan membuat pouch dan bando scrunchie dengan kain sebagai bahan dasar. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa anak-anak terlihat sangat antusias selama mengikuti kegiatan karena menambah pengetahuan dan keterampilan anak-anak dalam menjahit. Sebagai saran, kegiatan upaya peningkatan kreativitas pada anak seperti ini harus lebih sering dilakukan agar anak-anak memiliki wawasan lain diluar ilmu pengetahuan.

Kata Kunci: kreativitas; anak-anak; teknik menjahit

References

Aisyah. (2019, March 6). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN FABU HOTEL BANDUNG.

Aisyiyah, S. U., & Mulyono, D. (2021, September). PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT DALAMMENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI MASA. JURNAL COMM-EDU, 4(3), 3.

Emilda, Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2021, mei). PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT MASKER KAIN. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(2), 111-120.

Firiska, A. Y. (2017). PELATIHAN MENJAHIT DASAR UNTUK MEMBENTUK SIKAP WIRAUSAHA PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI UPT SKB CERME GRESIK. 6(2), 2.

Nursyirwan, V. I., Purwana, D., Suhud, U., Harahap, I. L. P., & Valentika, N. (2022). Entrepreneurial Intention Among Students: The Effect of Self-efficacy and Entrepreneurial Attitude. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 10(2), 193-205

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021, juny 30). MENGENALKAN JIWA WIRAUSAHA PADA ANAK SEJAK DINI MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL. Jurnal Usaha, 2(1).

Ratnasari, S., Saripah, I., & Akhyadi, A. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1).

Sagita, R., & Widayati, S. (2018, November 2). Pengaruh Kegitatan Menjahit Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 40 ASurabaya. 7(3).

Widiastuti, M. (2019, September 3). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Motif Berwirausaha di SKB kota Tasikmalaya. Sarjana tesis.

Widodo, A., Izkianti, A. J., Laxmana, A. A., Syahputra, M. A., & Nursyirwan, V. I. (2022). Pentingnya Mengenal Akutansi Sejak Dini Dengan Metode Menabung Untuk Anak Usia 7-12 Tahun 2021 di Forum Pos Remaja dan Pustaka RW 10 Tanah Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPKM), 2(2), 162-168.

Published

2023-04-01