KESADARAN PEMAHAMAN MAHASISWA STT-PLN TERHADAP LAMBANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Emillia Emillia

Abstract


Tulisan ini menggunakan penelitian yang bersifat eksplanatoris melakukan observasi lapangan di STT-PLN Jakarta. Melakukan kuisioner pada mahasiswa STT-PLN di tiga jurusan yaitu  : Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Informatika. Di samping itu melakukan penelitian kepustakaan dengan mempelajari buku-buku acuan, hasil penelitian dan jurnal Nasional dan peraturan perundangan yang berkaitan dengan Lambang Negara Republik Indonesia. Permasalahan dalam tulisan ini dilatarbelakangi pada kegiatan perkuliahan sehari-hari dimana ditemukan adanya kurangnya kesadaran pemahaman akan pentingnya Lambang Negara Republik Indonesia pada mahasiswa didik. Demikian juga akan kesadaran rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada saat kegiatan upacara Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berdasarkan kenyataan yang ditemukan di lapangan tersebut maka dilakukanlah penelitian ini dengan Judul “Kesadaran Pemahaman Mahasiswa STT-PLN Terhadap Lambang Negara Republik Indonesia.”

 


Keywords


kesadaran, mahasiswa, lambang negara

References


Latar belakang pendidikan saya adalah Strata 2 Ilmu Kenotariatan dan Pertanahan Universitas Indonesia dan saat ini bekerja sebagai tenaga pengajar atau dosen tetap yang mengampu beberapa mata kuliah sosial dan ilmu hukum seperti Pendikan Pancasila dan Kewarganegaran, Hukum Tenaga Kerja dan mata kuliah Hukum dan Peraturan di STT-PLN




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan | Journal of Civics and Education Studies | Print ISSN 2302-0865 dan Online ISSN 2621-346X

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: