THE EFFECTS OF LEARNING MOTIVATION TOWARDS STUDENT’S LEARNING ACHIEVEMENT

Suroso Suroso

Abstract


Suroso

Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan

dosen00722@unpam.ac.id

 

Abstract

 

English is still regarded as a difficult lesson by most of the students, so student’s learning achievement in English is low.The Purpose of this research determines The effects of Learning Motivation Towards Student’s Learning Achievement in English at Kota Tangerang Selatan.The research method used is survey method. Sample size as many as 90 students from SMP Negeri 4 represents International Designed Rating School, SMP Negeri 11 represents National Rating School and SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Data Collection carried out by interview, giving questionnaires and carrying out  learning achievement in English test. Data analysis is done through Descriptive Statistics, Correlation Pearson Coefficient, Coefficient of Determination  and Regression analysis. Statistical test used is T-test. The research  is conducted in May 2012.Research results show learning motivation variable has significant effects towards students’ learning achievement in English, this can be proved by the value of t0 =5.877 and sig = 0.000 < 0.05.. Research results state there is the effects of learning motivation towards student’s learning achievement in English of class VIII SMP Negeri Kota Tangerang Selatan that stated by regression equation Ŷ=33.528+0.345X.. From the regression equation  shows each of increasing in learning motivation as many as one unit will be followed changing student’s learning achievement in English as many as one unit too, that is 33.528.

 

Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement in English.

 

Asbrak

 

Bahasa Inggris masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh sebagian besar siswa, sehingga prestasi belajar siswa dalam bahasa Inggris rendah. Tujuan dari penelitian ini menentukan Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Bahasa Inggris di Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Ukuran sampel sebanyak 90 siswa dari SMP Negeri 4 mewakili Rintisan Sekolah Berstandar Internasional, SMP Negeri 11 mewakili Sekolah Standar Nasional dan SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, memberikan kuesioner dan melaksanakan test hasil belajar dalam bahasa Inggris. Analisis data dilakukan melalui Statistik Deskriptif, Korelasi Pearson Koefisien, Koefisien Determinasi dan analisis Regresi. Uji statistik yang digunakan adalah uji-T. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2012. Hasil penelitian menunjukkan variabel motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam bahasa Inggris, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t0 = 5,877 dan sig = 0,000 <0,05 .Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam bahasa Inggris kelas VIII SMP Negeri Kota Tangerang Selatan yang dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 33,528 + 0,345X . Dari persamaan regresi menunjukkan masing-masing peningkatan motivasi belajar sebanyak satu unit akan diikuti perubahan prestasi belajar siswa dalam bahasa Inggris sebanyak satu unit juga, yaitu 33,528.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Inggris.

 


Keywords


Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement in English.

References


REFERENCE

Arikunto,Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djiwandono,2006.Psikologi Pemdidikan.

Jakarta: Grasindo

Duwi Prayitno,2010.Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran, Edisi Pertama.Yogyakarta: Gava Media.

Nation.I.S.P, and Macalister John, 2010. Language Curriculum Design. first

edition. New York:The Taylor & Francis Group e-Library.

-----2006.Standar Isi dan Standar Kelulusan Tingkat SMP/MTs. Jakarta: PT. Binatama Raya Jakarta

Purwanto,2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Soemanto,Wasty,2006. Psikologi Pendidikan : Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta

Supardi US, 2012.Applikasi Statistika Dalam Penelitian, Buku Statistika Yang Paling Komprehensif,cetakan pertama,Jakarta: PT Ufuk Publising House

Syaiful Bahri Djamarah, 2008. Psikologi Belajar, Edisi kedua,Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan | Journal of Civics and Education Studies | Print ISSN 2302-0865 dan Online ISSN 2621-346X

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: