Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru di Sekolah Avicenna Jagakarsa

Aep Saifullah

Abstract


Pendidikan merupakan bagian dari pengembangan manusia seutuhnya, kompetensi profesional dan kinerja guru sangat menentukan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru di sekolah Avicenna. Metode penelitian yang digunakan berupa survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dibantu dengan analisis deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 70 orang guru dengan sampel 30% (21 orang guru). Teknik analisis data dilakukan dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan program microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi profesional guru di Sekolah Avicenna dalam kategori cukup, tingkat kinerja guru di Sekolah Avicenna dalam kategori baik, dan kompetensi profesional yang diukur oleh kinerja guru memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru.


Keywords


kompetensi profesional; kinerja guru; pengembangan sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


Hamzah, U. B. (2006). Orientasi Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kenichi, O. (1991). Dunia Tanpa Batas, alih Bahasa Fx.Budyanto. Jakarta : Binarupa Aksara.

Masri, S., & Effendi. (2003). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Mondy, W., & Noe, R.M. (1996). Human Resource Management. Texas: Prentice Hall,.Inc.

Mulyasa E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Naional Republik Indonesia No.12, 13, 16, 18 Tahun 2006 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Razali, R. (2007). Diakses 10 Desember, Reproduksi Sosial dan Pembangunan Manusia, Republika.

Riduwan, & Engkos. A K. (2008). Analisis Jalur. Bandung : Alfabeta.

Sukandar. (2003). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru di SLTP Negeri Semarang 1 dan SLTP Negeri Bayongbong di kabupaten Garut.Tesis. Program Pascsarjana-UPI. Tidak diterbitkan.

Supriyanti, T. (2004). Upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Kinerja Pembelajaran Guru (Studi Korelasional antara Perseepsi terhadap upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Kinerja Pembelajaran Guru di SMA Negeri 1 Subang). Tesis. Program Pascasarjana-UPI. Tidak diterbitkan.

Supriyoko, K. (2007). ”Revitalisasi Pendidikan Nasional”, Kompas.

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p87-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Print ISSN 2302-0865Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: