Mengembangkan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Reward dan Punishment

Alinurdin Alinurdin, Suwahyu Suwahyu

Abstract


Banyak guru tidak paham dengan apa yang dibutuhkan peserta didik, bahkan tidak mengerti cara memberikan motivasi. Padahal, terdapat berbagai cara yang bisa diterapkan guru dalam memotivasi  peserta didik untuk mengembangkan kemandirian, salah satunya adalah dengan memberikan reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sederhana sebanyak 78 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Para guru hendaknya melakukan pemberian reward dan punishment seperti pujian atau hadiah, teguran, tugas tambahan atau memberlakukan time out. Sehingga, secara tidak langsung memberikan pilihan kepada peserta didik untuk menentukan sikap mana yang harus mereka tampilkan.


Keywords


kemandirian belajar; reward dan punishment; pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Mengajar.Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Bandung: Alfabeta.

Irhamsyah, F. dkk. (2016). Pendidikan 18 Karakter Bangsa: Kreatif dan Mandiri. Jakarta: Mustika Pustaka Negeri.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Mujiman, H. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Sunarto, B. & Hartono, A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yusuf, S. A. & Nurihsan, J. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p13-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Print ISSN 2302-0865Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: