Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif

Yulita Pujilestari, Sri Putri Utami Alawiyah

Abstract


Proses belajar mengajar tidak selalu menyampaikan informasi kepada siswa, tetapi membutuhkan keterlibatan siswa secara mental serta fisik. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu agar dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Yapia Parung. Pendekatan kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini, dengan metode penelitian Purposive Sampling. Atas hal demikian dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Siswa di Mata Pelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas X SMK Yapia Parung.


Keywords


model STAD; hasil belajar; pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Alhakim, S. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks indonesia. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 1994. Media pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Hamidi, J. (2010). Civic education. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum

Hardiani, I. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia

Jakni. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Di perguruan tinggi. Bandung : Alfabeta

Juliardi, B. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Jakarta: Raja Grafindo.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Komarudin. (2012). Ilmu kewarganegaraan. Pamulang: Asmoro Mediatama.

Komarudin. (2013). Strategi pembelajaran Pkn. Pamulang: Asmoro Mediatama.

Muhidin, A. (2005). Stastistik Pendidikan. Tanggerang Selatan : Unpam Press

Purwanto, N. (1988). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remadja Karya CV.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, S. (2013). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siregar, E. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suardi, M. (2016). Pengantar Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim pengembang MKDP kurikulum dan pembelajaran. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2006). Perencanaan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Wilis, D. R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p25-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Print ISSN 2302-0865Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: