Perubahan Moral Peserta Didik Melalui Lingkungan Sekolah

Ichwani Siti Utami, Aditya Saputra

Abstract


Permasalahan pada saat ini lingkungan sekolah terbatas dalam mengawasi peserta didik saat sepulang sekolah. Interaksi di luar sekolah dan penggunaan gadget berlebihan serta keterbatasan orang tua dalam mengakses media elektronik yang digunakan peserta didik saat berada di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris dengan menganalisis lingkungan sekolah dalam pembentukan moral siswa di kelas X Madrasah Aliyah (MA) Al-Amanah Al-Gontory, Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitian ini bahan yang di sajikan menggunakan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget pada peserta didik dapat dikurangi, namun kita harus sabar karena ada tahapan dalam proses pembiasaan, yaitu dengan menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Saran dari penelitian ini yaitu pendekatan secara intensif terhadap peserta didik yang memiliki karakter khusus berupa diskusi, agar mereka merasa aman dan nyaman dengan lingkungan yang baru di boarding school.


Keywords


lingkungan sekolah ; moral siswa ; siswa sekolah menengah atas

Full Text:

PDF

References


Ghozali, A. terjemah: Rifai, M. (1986). Akhlak seorang muslim, Semarang: Wicaksana,. Cet ke-1.

Saebani, A., Beni., & Akhdiyat. (2009). Ilmu Pendidikan Islam 1. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Baktiar. (2012) Boarding School dan Peranannya dalam pendidikan Islam,. (Online).(http://bhakti- ardi.blogspot.com/2012/07/boarding-school-dan-perananannya-dalam 08.html, diakses tanggal 16 Maret 2019 jam 13.00 wib.

Coles, R. (2000). Menumbuhkan Kecer‐ dasan Moral pada Anak. Alih Bahasa: T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ( Jakarta: Balai Pustaka).

Derek, G., & Law, S. (2005). Improving Learning Professional Practice in Secondary Schools. Jakarta: Grasindo.

Kurtines, W.W & Gerwitz, J.L. (1992). Moralitas, Perilaku Moral, dan Perkembangan Moral. Penerjemah: M.I. Soelaeman. Jakarta: UI Press.

Sjafri, S. (2003). Kultur Sekolah dalam Era Multikultural. Makalaah Seminar Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pengembangan Kultur Sekolah, Pascasarjana, UNY.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang SISDIKNAS.

Darajat, Z. (2008) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. cet VII.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p95-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Print ISSN 2302-0865Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: