Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar

Heri Hidayat, Heny Mulayani, Neng Yulis, Nuraini Idris, Ratih Komalasari

Abstract


Abstrak
Penerapan nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar belum maksimal sehingga perlu adanya alternatif dalam proses pembelajaran PPKn supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait model pembelajaran STAD, penerapan, serta hasil dari penerapan model pembelajaran STAD dalam kegiatan pembelajaran PPKn terutama pada nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan merupakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan atau Library Research berupa hasil penelitian terdahulu dan jurnal-jurnal publikasi. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa dan dapat membentuk prilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal, guru harus menggunakan model STAD secara berkesinabungan dan sebagai fasilitator guru harus memahami langkah-langkah model pembelajaran STAD dengan baik.


Keywords


STAD ; nilai-nilai Pancasila ; PPKn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p30-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Print ISSN 2302-0865Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn

Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.

Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.

Lisensi:

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: