Transformasi Civic Virtue Mahasiswa Melalui Kebijakan Kampus Merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daquila, T. C. (2013). Internationalizing Higher Education in Singapore. Journal of Studies in International Education, 17(5), 629–647. doi: https://doi.org/10.1177/1028315313499232
Dias, D., & Soares, D. (2017). Civic Learning Outcomes: a Step Towards an Inclusive Higher Education. International Journal of Inclusive Education, 22(4), 360–374. doi: https://doi.org/10.1080/13603116.2017. 1365956
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.
Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1), 69-81.
Fusnika. (2014). Pembinaan Civic Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 50-57. doi: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.206 3
Hamidah. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Forum Faedagogik, 11(1), 27-38. doi: http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144
Karliani, E. (2014). Membangun Civic Engagement melalui Model Service Learning untuk Memperkuat Karakter Warga Negara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 23(2), 71- 78. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jppkn.v27i2.5517
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Jakarta: Kemendikbud.
Lonto, A. L. (2019). Students' Civic Disposition through Learning Civics and Pedagogical Competences of High School Teachers. Universal Journal of Educational Research. 7(12), 35-41. doi: https://doi.org.10.13189/ujer.2019.071905
Nanggala, A. & Malihah, E. (2020). Peran Tradisi Irung-Irung dalam Memperkuat Civic Engagement Generasi Muda di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(1), 1-16. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um019v5i1p1-16
Nanggala, A. & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen, 9(2), 10-23. doi: http://dx.doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545
Paramita, G. V. (2010). Studi Kasus Perbedaan Karakteristik Mahasiswa di Universitas ‘X’-Indonesia dengan Universitas ‘Y’-Australia. Humaniora, 1(2), 629-635. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2904
Pratama, I. A. (2020). Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi: Sebuah Konsepsi. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(1), 15-22. doi: https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i1.1300
Raharja, R. M., Legiani, W. H., Sugiana, D. F. & Lestari, R. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa FKIP Untirta. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 2(2), 199-213. doi: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i2.28 12
Rohani. & Samsiar. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 49-59. doi: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3548
Rubei, M. A. (2014). Integrasi Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Economic Civic (Ekonomi Warga Negara). Jurnal Civicus, 14(2), 54-73.
Setiarsih, A. (2017). Diskursus Pendidikan Kritis (Critical Pedagogy) dalam Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 76- 85. doi: http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1310
Shivshenker. (2018). Impact of Liberalization and Globalization on Higher Education. International Journal of Scientific Research, 7(5), 21-23. doi: https://www.doi.org/10.36106/ijsr
Wadu, L. B. Ladamay, I. & Jenia, A. (2020). Penguatan Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Koperasi Serba Usaha. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 116-125. doi: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8536
Wibowo, A. P. & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 196-205. doi: https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16043
Winataputra, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15-36. doi: https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184
World Economic Forum. (2019). The Global Competitiveness Report 2019. Swiss: WEC.
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p70-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Print ISSN 2302-0865 | Online ISSN 2621-346X | URL: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn
Diterbitkan dua kali dalam satu tahun setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang.
Universitas Pamulang – Kampus Viktor lantai 4 | Jalan raya Puspitek No. 46 Buaran Serpong Tangerang Selatan | jurnalppkn@unpam.ac.id | Telepon/Faximile: 021-7412566, 74709855.
Lisensi:
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by: