Bentuk Penindasan Sosial Perempuan Pada Novel Wedding Agreement Karya Mia Chuz

Adityaningrum Puspita Utami

Abstract


Penelitian ini mengangkat novel sebagai objek yang diteliti dengan menggunakan teori psikoanalisis dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Novel yang dipilih sebagai objek penelitian yaitu novel yang berjudul Alaska karya Nisaafatm. Melalui pembacaan novel yang disajikan menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kedua orang tua yang bercerai, dalam cerita tersebut peneliti melihat bahwa novel yang disajikan memiliki beberapa masalah yang terjadi pada beberapa tokoh sehingga mengakibatkan masalah psikologi atau kejiwaan pada tokoh tersebut. Dalam cerita tersebut terdapat hal baik dan buruk. Peneliti menemukan beberapa hal yang mengakibatkan hal baik dan buruk tersebut ada pada sifat manusia, bagi peneliti dalam cerita Alaska bukan hanya bercerita tentang soal percintaan saja melainkan bagaimana permasalahan itu terjadi dan apa akibat yang ditimbulkan dalam persoalan tersebut. Tokoh-tokoh di dalam cerita novel Alaska menggambarkan situasi yang terjadi pada persoalan di masyarakat banyak orang tua yang bercerai dan mengakibatkan seorang anak memiliki perubahan pada kondisi psikologisnya.

Full Text:

PDF

References


Astrari, Siti. 2019. “Prilaku Tokoh Indigo Dalam Novel Danur Karya Risa Saraswati Kajian Psikologi Sastra”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Bertens, K. 2016. Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodelogi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Freud, Sigmund. 2009. Pengantar Umum Psikoanalisis Terjemahan Haris Setiowati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kartika, Diana. 2008. “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta..

Minderop, A. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nisaadatm. 2019. Alaska. Depok : Bintang Media PT. Melvana Media Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pradnyana, I Wayan. 2019. “Psikologi Tokoh Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ratna, N. K. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Septiani, Kurnia. 2009. “Aspek Kepribadian Tokoh Lintang Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata : Pendekatan Psikologi sastra”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS

Utomo, Arie. 2019. “Konflik Tokoh Utama Dalam Novel RE : Karya Maman Suherman (Kajian Psikologi Sastra)”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1989. Teori Kesusasteraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra. Yogyakarta: Kanwa Publisher

Yusriansyah, Eka. 2019. “Belenggu Jiwa: Kajian Psikologi Sastra Novel Pulang Karya

Leila S. Chudori”. Tesis. Universitas Udayana.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajak Masa University




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/piktorial.v3i1.12579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.