ANALISIS PRAANGGAPAN DALAM NOVEL MANTAN RASA GEBETAN KARYA TITI SANARIA

Brenda Philipianti Feoh, Ratna Juwitasari Emha

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk 1.  Mendeskripsikan  jenis-jenis  praanggapan yang  terdapat  dalam novel “Mantan Rasa Gebetan”, karya Titi Sanaria. 2. Mendeskripsikan bentuk praanggapan yang terdapat  dalam  novel  “Mantan  Rasa  Gebetan”,  karya  Titi  Sanaria.  Penelitian  bertujuan  untuk praanggapan  pada  dialog  mengenai  pranggapan  dalam  novel  “Mantan  Rasa  Gebetan”  melalui kajian  pragmatik.  Ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  metode  analisis  dialog  karena penelitian ini lebih mengutamakan pendekatan konten dari dialog dalam novel tersebut. Sumber data penelitian ini adalah teks berisi dialog yang mengandung praanggapan dan menyiratkan tentang jenis-jenis praanggapan serta bentuknya dalam novel “Mantan Rasa Gebetan” karya Titi Sanaria. Penyediaan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  metode  simak  yang  diterapkan  melalui  teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dialog pada novel tersebut mengandung 6 data yang mengandung  praanggapan  faktif,  6  data  yang  mengandung  praanggapan  leksikal,  6  data  yang mengandung praanggapan konterfaktual, 9 data yang mengandung praanggapan struktural, 4 data yang  mengandung  praanggapan  eksistensial,  dan  4  data  yang  mengandung  praanggapan nonfaktual. Penelitian ini juga menemukan beberapa praanggapan dalam novel tersebut tersirat adanya pesan bahwa dalam setiap tuturan, tindakan akan selalu berkaitan dengan bentuk. Adapun bentuk praanggapan tersebut, delapan modus deklaratif yang mengandung bentuk praanggapan, 3 modus  indikatif  yang  mengandung  bentuk  praanggapan,  6  modus  interogatif  yang  mengandung bentuk praanggapan, 3 modus kondisional yang mengandung bentuk praanggapan, 5 modus optatif/ desideratif yang mengandung bentuk praanggapan dan empat modus imperatif yang mengandung bentuk praanggapan.

Kata kunci: praanggapan, jenis-jenis pranggapan, dan novel


Full Text:

PDF

References


Ambarita, H.N. (2012). Praanggapan Dalam Bahasa Karikatur Harian Kompas Edisi Mei 2011.Skripsi, Universitas Sumatera Utara Medan.

Astuti, W. (2012). Analisis Pragmatik Dalam Novel Trah Karya Atas S Danusubroto. Thesis, Bahasa Jawa-FKIP.Universitasitas Muhammadiyah Purworejo.

Febriyanti, N. (2017). Analisis Praanggapan Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Thesis. Universitas Pamulang.

Husna, S. M. (2015). Praanggapan Dan Perikutan dalam Wacana Iklan di Katalog Kecantikan Oriflame Edisi Januari 2014. Skripsi,Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang.

Jumadiana, DKK. (2016). Analisis Presuposisi pada Novel Koala Kumal Karya Katikasari, Saraswati. (2014). Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan "Kendaraan Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013-Februari 2014. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhadjir. (2014). Semantik dan Pragmatik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Nadar, F.X. 2009 Pragmatik Dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta; Graha.

Siahaan, L. (2015). Praanggapan Pada Tuturan Wisatawan Asing Dalam Berinteraksi Dengan Penduduk Setempat Di Ubud Bali.Thesis, Universitas Sebelas Maret.

Sitepu, E.J. (2014). Modus Kalimat Pada Novel Glonggong Karangan Junaedi Setiyono dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Menulis Di SMA. Skripsi, Universitas Negeri Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/piktorial.v4i1.20371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.