PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK LETRIS INDONESIA 2 TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • SAIFUL ANWAR Universitas Pamulang
  • SOFFI SOFFIATUN Universitas Pamulang
  • SHINTA MARLIA Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i1.P17-25.1228

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Role Playing terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X Akuntansi Di SMK Letris Indonesia 2 Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dimana membandingkan dua kelas dengan dua perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi A dan X Akuntansi B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal, uji daya beda, validitas, dependen T test dan independent T test.

Temuaan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada data awal peserta didik yang menujukan yaitu 64,81 meningkat menjadi 84,14. meningkat sebesar 30%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas juga mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Role Playing, Hasil Belajar

Downloads

Published

2018-05-05

Issue

Section

Articles