PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG

SYAFAATUL HIDAYATI, SAIFUL ANWAR

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode Drill dan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar matematika ekonomi mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Pamulang. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan bersifat deskriptif yaitu mengenai uraian-uraian pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam konteks kelas yang bertujuan untuk memperbaiki praktek pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode Drill, antara lain: (1) penyajian materi; (2) latihan terkontrol; (3) latihan mandiri; dan (4) tes. Disamping itu hasil belajar dalam bentuk tes disetiap akhir siklus I dan II mengalami peningkatan. Adapun peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 22,73%.

 

Kata Kunci: Metode Drill, Hasil Belajar, Mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P53-64.2774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office : 
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 087885541600
e-mail : jurnalpekobis@gmail.com and dosen00861@unpam.ac.id

Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.