PERAN DAN SIKAP GURU DALAM MENSOSIALISASIKAN PENDIDIKAN POLITIK DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i1.P69-84.351Abstract
Salah satu fungsi PKn adalah sebagai Pendidikan hokum dan politik bagi peserta didik. Fungsi PKn sebagai pendidikan hukum dan politik dirasakan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan memperoleh gambaran tentang Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Hukum dan politik dalam mengupayakan Internalisasi Hukum dan politik di Kalangan Peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan sejumlah temuan penelitian, tampak bahwa PKn sebagai wahana pendidikan hukum dan politik dalam mengupayakan internalisasi hukum bagi peserta didik masih belum berfungsi secara maksimal. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu adanya revitalisasi PKn sebagai pendidikan hukum dan politik baik dari pendekatan konten maupun pendekatan proses.
Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pendidikan Hukum,Pendidikan Politik.