PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAHASISWA

Kharisma Danang Yuangga

Abstract


Sorotan tentang Pendidikan yang berbasis pada karakter sejak beberapa tahun lalu sudah mendapat menarik perhatian berbagai pihak. Beberapa pakar yang bependapat bahwa pendidikan karakter harus dimasukkan kembali dalam pembelajaran di sekolah untuk mengatasi krisis moral yang belakangan ini marak terjadi di dunia pendidikan.  Pendidikan Karakter dalam penelitian ini merupakan tindakan penghayatan karakter dasar yang dapat diplikasikan dalam kehidupan mahasiswa sehari-hari. Ada enam pilar yang menjadi tolak ukur penelitian ini.Sehingga akanmengkaji secara mendalam tentang aplikasi pendidikan karakter dalam perilaku berkarakter mahasiswa pendidikan ekonomisetelah menempuh perkuliahan dalam kurun waktu enam semester di kampus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah ajaran-ajaran yang dihasilkan responden dalam wawancara. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi universitas Pamulang yang telah menempuh perkuliahan enam semester. Dalam pengumpulan data menggunakan voice recorder/ handphone, pedoman-pedoman wawancara dan catatan lapangan.

      Temuan penelitian ini menunjukkan: Beberapa karakter dalam enam pilar pendidikan karakter mahasiswa pendidikan ekonomi terinternalisasi melalui jalur keluarga/ orang tua berupa doktrin nasehat dan keteladanan, ajaran agama berupa dogma kepatuhan terhadap ajaran agama, lingkungan sekolah/guru/ dosen yang berupa doktrin nasehat dan ajaran, teman pergaulan, refleksi individu, praktek berupa pengalaman pribadi yang merupakan jalur internalisasi yang dominan dalam membentuk karakter mahasiswa pendidikan ekonomi. Perilaku berkarakter mahasiswa diketahui dari munculnya perilaku-perilaku yang didasari pertimbangan moral berdasarkan dari karakter-karakter dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku berkarakter mahasiswa pendidikan ekonomi itu dilandasi oleh keterbukaan dalam perilaku mahasiswa pendidikan ekonomi yang memiliki kepercayaan diri untuk mau mengemukakan kesulitan-kesulitan dalam proses belajar, kejujuran dalam perilaku mahasiswa pendidikan ekonomi yang mendorong mahasiswa untuk senantiasa berbuat jujur pada saat ujian, hingga muncul pertimbangan mahasiswa pendidikan ekonomi untuk mengatasi bentuk-bentuk ketidak jujuran. Kejujuran diterapkan mahasiswa dalam bentuk nasehat-nasehat akan kosekuensi dari perbuatan yang didapat apabila tidak jujur, kebenaran dalam perilaku mahasiswa ekonomi dari mencontohkan diri untuk bersikap benar, sebagai contoh taat akan aturan yang berlaku dan tanggung jawab dalam perilaku mahasiswa pendidikan ekonomi dari kemauan untuk menjalankan amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan proses belajar.

Kata Kunci:  Pendidikan karakter, mahasiswa program pendidikan ekonomi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v1i1.P85-95.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office : 
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 087885541600
e-mail : jurnalpekobis@gmail.com and dosen00861@unpam.ac.id

Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.