PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

LIA YULIATI, SAIFUL ANWAR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha, 2) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 3) pengaruh efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 246 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Teknik pengambilan sampel dengan jenis Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket (angket) dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yang ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,596 dan nilai t-hitung11607>1.651, 2) Terdapat pengaruh positif pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yang ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,762 dan nilai uji-t 18,404>1,651, 3) Terdapat pengaruh positif efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Pada output R Square (0,588) hasil variabel Minat Berwirausaha (Y) dipengaruhi oleh variabel Efikasi Diri (X1) dan Pendidikan Kewirausahaan (X2) sebesar 58,8% dan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar pembelajaran. Dan uji signifikan simultan (Uji Statistik F) dimana nilai sig 0,000 <0,05.


Keywords


Efikasi Diri; Pendidikan Kewirausahaan; Minat Wirausaha;

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2011). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anggraeni, DA. Lia. dan Nurcahaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Unud. Volume 5, (4), 2424-2453

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astiti, Y. Widyaning. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta UNY

Ghozali. (2005). Analisis Multivariant dengan Program SPSS. UNDIP. Semarang

Kusworo, K., & Putranto, I. (2018). Analisis Paradigma Mahasiswa Terhadap Kewirausahaan (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang Tahun Ajaran 2017/2018). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 3(2).

Nursito, Sarwono. dan Nugroho, AJS. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Jurnal Kiat Bisnis. Volume 5, (4), 201-211.

Puspitaningsih, Flora. (2014). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. Volume 2, (2), 224-236.

Sekarini, Eksi. dan Marlena, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Yang Dimoderasi Oleh Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI BDP SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 8, (1), 674-680

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Jakarta: Rajawali Press.

Wirandana, Eri. dan Hidayati, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis. Volume 1, (5), 75-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P69-75.9639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office : 
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 087885541600
e-mail : jurnalpekobis@gmail.com and dosen00861@unpam.ac.id

Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.