IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • RIPKI AMILUDIN Universitas Pamulang
  • SAIFUL ANWAR Universiitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P99-107.9878

Keywords:

Model Pembelajaran, Think Talk Write, Hasil Belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelentasi model think talk write yang diaplikasikan pada materi IPS. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes, Observasi, Wawancara, dan Catatan Lapangan. Hasil analisis ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas VIII sebelum diajar dengan model pembelajaran think sebesar 35,08 berkategori D. (2) Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas VIII sesudah diajar dengan model pembelajaran think talk write sebesar 77,00 berkategori C (3) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran think talk write.

References

A, Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Arihi, L.S dan La, iru. (2012). Analisis penerapan metode dan model-model pembelajaran. Yogyakarta: Batur Etno.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles