IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN IPS

RIPKI AMILUDIN, SAIFUL ANWAR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelentasi model think talk write yang diaplikasikan pada materi IPS. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes, Observasi, Wawancara, dan Catatan Lapangan. Hasil analisis ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas VIII sebelum diajar dengan model pembelajaran think sebesar 35,08 berkategori D. (2) Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas VIII sesudah diajar dengan model pembelajaran think talk write sebesar 77,00 berkategori C (3) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran think talk write.


Keywords


Model Pembelajaran; Think Talk Write; Hasil Belajar;

Full Text:

PDF

References


A, Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Arihi, L.S dan La, iru. (2012). Analisis penerapan metode dan model-model pembelajaran. Yogyakarta: Batur Etno.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P99-107.9878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office : 
Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 087885541600
e-mail : jurnalpekobis@gmail.com and dosen00861@unpam.ac.id

Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.