Analisis Strategi Pengembangan Bisnis dengan Menciptakan Brand Equity untuk Meningkatkan Customer Satisfaction (Studi Kasus Kedai Setjangkir Doeloe)

Selvy Dwi Widiyanti, Surya Budiman

Abstract


Abstrak

Perkembangan kafe dewasa ini telah diikuti dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis kafe semakin dituntut untuk mempunyai dan membuat strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Penelitian ini dilakukan pada Kedai Setjangkir Doeloe merupakan salah satu kafe yang ikut serta dalam meramaikan serta menambah jumlah Usaha Kecil dan Menengah yang berada di Tangerang.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kekuatan di kedai Setjangkir Doeloe adalah inovasi produk; kelemahan yang dimiliki adalah belum tersedianya hotspot dan belum menyediakan sistem belanja take away. Faktor eksternal yang dijadikan peluang adalah  Perubahan life style masyarakat; sedangkan faktor ancaman yang dimiliki oleh kedai Setjangkir Doeloe adalah Akses konsumen secara digital yang belum dibuat. Matriks IE posisi kedai Setjangkir Doeloe berada pada kuadran ke V yaitu posisi hold and maintain. Strategi yang tepat digunakan pada kuadran ini adalah strategi umum (penetrasi pasar dan pengembangan produk). Hasil analisis QSPM (Quantitative Strategic PlanningMatrix), alternatif strategi yang tepat dan dapat dilakukan oleh pihak kedai Setjangkir Doeloe adalah Pengembangan Produk.

 

Kata Kunci : Brand Equity, Strategi Pengembangan Usaha dan Customer Saticfaction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.