ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TEH PUCUK HARUM (Studi Kasus Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Kota Tangerang Selatan)

Rusdi ., Elpawati ., Iskandar Andi Nuhung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keputusan pembelian yaitu bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembeian. Studi Kasus Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Kota Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 Responden. Uji statistik yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini, menunjukan secara keseluruahan factor-faktor keputusan pembelian yakni  bintang iklan, media iklan televisi, harga dan kualitas produk terhadap Brand Awareness berpengaruh signifikan. Selanjutnya diketahui dalam Path Analysis pengaruh Bintang Iklan terhadap Brand Awareness negative(tidak berpengaruh), namun variabel media iklan televisi, harga, kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand Awarenes. sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yakni bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk dan  Brand Awareness  terhadap keputusan pembelian secara keseluruahan  signifikan. Selanjutnya diketahui dalam Path Analysis Variabel Harga memiliki nilai negative (tidak berpengaruh) terhadap keputusan pembelian. Sedangkan bintang iklan, media iklan telvisi, kualitas produk, dan Brand Awareness memliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui Juga, keseluruhan variabel bintang ikan, media iklan televisi, harg, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui variabel Brand Awareness memiliki pangaruh  tidak langsung yang baik terhadap keputusan pembelian melalui Brand Awarenes namun variabel bintang iklan terhadap keputusan pembelian melalui variabel Brand Awareness memiliki pengaruh tidak langsung yang negative (tidak ada pengaruh). Dan pengaruh total kesuluruahan variabel bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui variable Brand Awareness memiliki pengaruh total yang signifikan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk  dapat menjelaskan variabel Brand Awareness sebesar 0. 396 dengan Error 0.604. dan  hasil uji koefisien determinasi menunjukan bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk, brand awareness dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 0.501 dengan Error 0.499 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.