MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI MEDIA DONGENG FABEL DAN PERMAINAN RANTAI BENDA (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa kelas II di SD Negeri Adiarsa Barat III)

Authors

  • Aisah Aisah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bahja Bastulbar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Rachmah Ningsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Silvi Sri Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Membaca merupakan bagian dari empat keterampilan berbahasa. Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi yang cerdas, kritis, dan kreatif. Pada dasarnya, kemampuan dan keterampilan membaca menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga kemampuan membaca harus dilatih sejak dini. Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD, dapat diterapkan metode membaca permulaan. Dalam penerapan metode membaca permulaan dapat menggunakan beberapa media, salah satunya media dongeng fabel dan permainan rantai benda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap guru, dan mebagikan tes membaca permulaan menggunakan media fabel kepada siswa.Tujuan metode penelitian ini untuk meninjau seberapa signifikan perubahan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD. Data kemudian dianalisis dan dideskripsikan untuk mendapatkan hasil serta tujuan yang hendak dicapai. Berdasarkan hasil penelitian, guru memahami konsep pembelajaran membaca permulaan namun tidak tepat dalam penerapannya. Guru tidak pernah menerapkan sastra dalam pembelajaran membaca permulaan, sehingga siswa hanya mendapatkan pembelajaran membaca secara monoton. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Dongeng Fabel, Permainan Rantai Benda.

Downloads

Published

2020-01-13