MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TELUK JAMBE TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARYA SASTRA PUISI

Aisah Aisah, Febi Saskia, Fitri Anggraini, Rima Maulani Ibrahim, Sopiah Sopiah

Abstract


ABSTRAK
Membaca intensif merupakan membaca teliti, bersungguh-sungguh dengan penuh perhatian, dan pemahaman agar mendapatkan informasi dari sebuah tulisan. Membaca intensif dapat diimplementasikan dengan menggunakan media karya sastra yaitu puisi dalam pembelajaran membaca. Pembaca dapat mengetahui dan memahami isi atau makna serta dapat mengapresiasikan dari suatu puisi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Teluk Jambe Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan media puisi. Kemampuan membaca merupakan suatu proses kecakapan seorang pembaca untuk memahami dan mendapatkan informasi serta wawasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang diambil, penelitian ini dilakukan dengan observasi, pengamatan, wawancara guru Bahasa Indonesia kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Teluk Jambe Timur, dan memberikan tes pada siswa sehingga peneliti mengetahui kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dapat memahami tentang membaca intensif dan dapat mengaplikasikannya dalam analisis puisi. Siswa dapat memahami makna isi puisi dengan menggunakan teknik membaca intensif. Kemampuan membaca intensif siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Teluk Jambe Timur sudah baik. Kata Kunci: Membaca Intensif, karya sastra puisi, kemampuan membaca, kualitatif deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.