ANALISIS MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MEDIA FABEL DI KELAS 2 SDN SIRNABAYA II

Alip Sujana, Anisya Tri Rizkia, Dedi Dedi, Fadhilatul Hafizhah, Meli Rindiyanti, Putri Lestari

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Banyak siswa yang lebih menyukai menonton video atau menggunakan media visual dari pada tekstual. Perlu ada upaya lebih dari peran guru maupun orang tua agar siswa atau anaknya dapat antusias ketika membaca tulisan bahkan menjadi gemar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa serta pengaplikasian siswa ketika sedang membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi. Penelitian kualitatif deskripsi ini digunakan untuk menganalisis data hasil dari observasi proses pembelajaran siswa kelas dua SDN Sirnabaya II. Data yang berasal dari instrumen tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-sata siswa kelas dua di SDN Sirnabaya II sudah lancar membaca permulaan namun ada beberapa siswa yang masih belum bisa membaca atau terbata-bata dalam membaca. Media yang digunakan peneliti  yaitu fabel, dalam fabel menceritakan bagaimana karakteristik sifat tokoh, dan lain-lainnya. Setelah itu siswa disuguhkan dengan berbagai pertanyaan yang merangsang daya ingat, dengan diberikannya pertanyaan peneliti dapat mengetahui sejauh mana pemahaman yang dimiliki para siswa. Selain itu, peneliti menggunakan media cerita bergambar yang membuat siswa memiliki daya imajinasi dengan adanya gambar yang menampilkan berbagai karakter dan suasana. Dengan melakukan penelitian dapat mengetahui bahwa peran guru maupun orangtua sangat berpengaruh dalam kemampuan membaca anak, untuk menumbuhkan kemampuan membaca sebaiknya diselingi dengan literasi.  Kata Kunci : kemampuan membaca, membaca permulaan, dongeng, media fabel, cerita bergambar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.