ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA CERITA PENDEK

Alma Lutfiyana, Elsha Rijki Safira, Githa Putri Lukman, Izzatun Nisa Syahidah, Nurul Mutia Rahmah, Sadewa Jaka Purentra

Abstract


ABSTRAK

Membaca merupakan suatu proses yang dapat dilakukan untuk memperoleh suatu pesan yang penulis sampaikan melalui karangan tulsnya. Dengan membaca kita akan mendapatkan suatu informasi yang belum kita ketahui. Membaca dapat menambah wawasan kita dari yang tidak tahu menjadi tahu. Kemudian, pengertian membaca pemahaman adalah suatu proses yang gunanya untuk memahami isi teks tersebut dari ynag tersirat maupun tersurat. Pada hakikatnya setiap siswa itu sendiri mempunyai kemampuan membaca yang berbeda-beda dalam memahami isi cerita atau bacaan. Kemampuan membaca itu sendiri bertujuan untuk memahami informasi dan kemampuan mengarang atau menulis karangan. Pentingnya memiliki kemampuan membaca agar siswa dapat mengikuti informasi dan memahami isi teks dalam bacaan. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk meneliti pemahaman siswa mengenai materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang akan diteliti adalah cerita pendek. Cerita pendek merupakan jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif atau fiksi yang dimana isinya menceritakan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil pemahaman siswa dalam aspek pelaksanaan dan penilaian, yang diteliti mengenai analisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan media cerita pendek kelas VII Bahasa 1 SMPN 2 Teluk Jambe Timur. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca, Kemampuan Membaca, Pemahaman Siswa, dan Cerita Pendek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.