ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DAN PEMAHAMAN CERITA FABEL DI KELAS 2 SDN TANJUNG MEKAR I

Dewy Kusumawaty, Harum Ismika Sakti, Muhammad Rizqi Fatahilah, Nabila Wahyuning Tyas, Renaldo Hardiansyah, Silvi Athala Naziha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tugas yang kami kerjakan pada mata kuliah Membaca. Pada zaman sekarang, banyak dari adik-adik kita terutama pada jenjang pendidikan dasar atau sekolah dasar yang belum bisa membaca namun mereka sudah mengenal gawai atau yang biasa kita kenal sebagai gadget. Karena itulah di mana peran guru dan orang tua yang harus bisa mengayomi dan menarik perhatian anak-anak akan pentingnya membaca. Tujuan dari penelitian yang kami buat ini adalah sebagai langkah mengetahui atau menganalisis dan mengetahui tingkat kemampuan membaca anak-anak pada tingkat kelas 2 sekolag dasar di SDN Tanjung Mekar 1. Penelitian yang kami gunakan tidak sekadar hanya melihat dan memahami namun penelitian kami pun menggunakan beberapa metode yaitu dengan test uji kepahaman huruf, suku kata, dan kata serta pemahaman mereka akan sebuah cerita dengan media fabel. Hasil yang kami dapat selepas melakukan test tersebut adalah tingkat membaca mereka berada di bawah ratarata. Banyak dari siswa tersebut tidak bisa membaca kata, tidak terlalu banyak juga yang merasa kesulitan pada membaca suku kata bahkan ada pula siswa yang sama sekali tidak mengetahui alphabet. Dengan melakukan test tersebut diketahui bahwa kurangnya rasa tertarik akan bacaan atau kegiatan membaca pada tingkat kelas 2 sekolah dasar, kami menyimpulkan bahwa peran guru dan orang tua sangatlah penting bagi keberlangsungan dan kemajuan kemampuan membaca kepada para anak-anak. Kata Kunci : kemampuan membaca, tingkat kemampuan baca, dongeng, media fabel, ketertarikan membaca


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.