Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Karawang Tahun Ajaran 2019/2020

Diah Amelia Septiani, Fithrida Yuliati Rizky, Noviatul Latifah, Suhani Suhani, Tralleta Elkana Hayashi

Abstract


ABSTRAK Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam dunia pendidikan. Dalam penerapannya, materi yang tersaji memiliki struktur yang berbeda, sehingga butuh pemahaman yang cukup untuk mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, kebanyakan siswa tidak tertarik dengan pelajaran Bahasa Indonesia, mereka mengnggap bahwa pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang mudah di pahami. Hal itulah yang menarik perhatian peneliti untuk meneliti pemahaman siswa tentang salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi yang akan di teliti adalah teks eksplanasi. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai pengertian teks eksplanasi, menjelaskan mengenai struktur teks eksplanasi serta menganalisis juga menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, dan penilain terhadap kemampuan dalam memahami teks eksplanasi pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Karawang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran teks eksplanasi.  Kata Kunci: Pembelajaran Membaca, Pemahaman siswa, dan Teks eksplanasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.