PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X MIPA II SMAN IV KARAWANG

Dina Amalia Mulyadi, Novi Aryanti, Devi Aryanti, Eka Liana Putri, Diah Windari

Abstract


ABSTRAK
Di era seperti sekarang ini, minat membaca siswa masih sangat rendah. Dari 61 negara yang telah disurvei ternyata Indonesia termasuk yang terendah dalam minat membaca . Siswa jaman sekarang lebih sering bermain gawai daripada membaca buku. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor pertama yaitu, kurangnya minat membaca siswa. Kedua, buku yang kurang menarik . Ketiga, kurangnya peran pemerintah terhadap pemerataan dalam mensuplai buku di daerah terpencil. Dengan membaca kita dapat mengetahui pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk kata-kata. Membaca kritis termasuk ke dalam salah satu teknik membaca. Membaca kritis merupakan salah satu kegiatan membaca dengan cara bijaksana, evaluatif serta analitis. Membaca kritis itu sangat penting untuk menanamkan pengetahuan kepada siswa, sehingga diharapkan mampu untuk berpikir kritis serta menganalisis dengan memberikan suatu penilaian terhadap hasil evaluasi. Pembelajaran membaca digunakan dengan sebaik-baiknya guna mengembangkan keterampilan berbahasa pada siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat peningkatan kemampuan membaca kritis pada siswa dan siswi melalui metode inkuiri. Penerapan metode inkuiri ini siswa ditekankan untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X MIPA II SMAN 4 KARAWANG menunjukkan bahwa kurangnya tingkat membaca kritis siswa berpengaruh terhadap cara berbicara siswa serta dalam penyampaian argument terhadap teks yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode deskripsi kualitatif. Di mana metode kualitatif adalah suatu metode yang bersifat deskriptif dengan cara menganalisis berdasarkan data yang diperoleh. Sejalan dengan permasalahan saat observasi yang telah peneliti lakukan , yaitu masih rendahnya kemampuan membaca kritis siswa SMA kelas X. Kata Kunci: membaca, minat membaca, membaca kritis, metode inkuiri, metode kualitatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.