PENERAPAN METODE DONGENG DAN CERITA SERIAL FABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN

Doli Christian Malau, Emilia Laras Permata, Fitri Rahmaniyar, Lina Nurjanah, Mifthahul Husna

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan membaca menjadi salah satu hal terpenting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Namun dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa siswa yang dapat mengikuti proses pembelajaran dan ada yang sulit untuk dapat menerima pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor yang menghambat siswa untuk dapat menerima atau menangkap pembelajaran lebih cepat. Membaca merupakan suatu keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan terhadap suatu bacaan. Membaca permulaan menjadi sebuah metode yang sering diterapkan oleh guru di Sekolah Dasar. Membaca permulaan merupakan tahap awal sebelum siswa dapat menguasai membaca lanjut. Membaca permulaan seperti mengeja huruf, suku kata, dan kata. Metode yang peneliti gunakan dalam proses membaca di kelas 2B SDN Karawang Kulon III berupa serial gambar berbantuan cerita fabel. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat melalui observasi dan wawancara siswa kelas 2B SDN Karawang Kulon III dapat membaca dengan baik. Kata kunci: Membaca permulaan, dongeng fabel, serial gambar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.