SASTRA DONGENG DALAM PEMPELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN

Eva Muzdalifah, Hasri Pebriani Hidayat Putri, Mila Novianti, Nopita Anggi, Tanti Winiyanti

Abstract


ABSTRAK
Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang digunakan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan dan bersifat reseptif. Dalam keterampilan membaca terbagi atas beberapa jenis, salah satunya yang menjadi bahan acuan penelitian ini yaitu membaca pemahaman, di mana dalam kegiatan membaca pemahaman pembaca harus paham benar terhadap isi bacaan, sehingga dapat melatih daya ingat terhadap hasil dari bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada siswa tingkat SMP. Proses penelitian dilakukan di SMP Sekolah Alam Karawang kelas VII A pada bulan Oktober 2019. Dalam proses penelitian, metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Media yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah teks sastra berupa dongeng fabel. Dongeng fabel dapat dikatakan lebih mudah untuk dipahami oleh berbagai usia dikarenakan bersifat imajinasi. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner tulis yang bersifat objektif. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan diagram pie. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa SMP Sekolah Alam Karawang kelas VII A yang berjumlah 22 siswa mengenai membaca pemahaman, bahwa siswa di kelas tersebut memiliki tingkatan kemampuan membaca pemahaman yang berbeda tiap siswanya. Dalam hal tersebut, data dapat membuktikan bahwa semua siswa sudah menguasai keterampilan membaca, namun dalam memahami isi bacaan hanya sebagian siswa saja yang dapat memahami dengan lebih baik lagi. Kata Kunci: Sastra Dongeng, Membaca, Keterampilan Membaca, Membaca Pemahaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.