PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK MELALUI TEKS CERPEN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN

Jaelani Jaelani, Luthfia Ramadhina, Nuria Bening Pangestu, Nurul Purwasih, Risma Yulianti

Abstract


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pemaparan mengenai penerapan pembelajaran kelompok melalui teks cerpen dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII A SMPN 3 Karawang Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Pemahaman siswa dideskripsikan melalui jawaban yang dijelaskan oleh siswa itu sendiri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen tes. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa kelas VII A dari SMPN 3 Karawang Barat. Data yang digunakan untuk penelitian diperoleh dari pemberian dua tes yang berupa teks cerita kepada siswa kelas VII A SMPN 3 Karawang Barat.Hasil penelitian ini menunjukkan, dari tiga tes yang berupa teks cerita yang berjudul “Temanku yang Malang”, “Sahabat Sejati” dan “Bunga Lili Putih untuk Ibu”. Siswa sudah dapat memahami maksud dari ketiga teks tersebut, siswa cukup memahami unsur intrinsik yang terkandung dalam teks. Tetapi, beberapa siwa masih ada yang keliru dalam membedakan tema dan judul. Dengan demikian, disimpulkan bahwa peningkatan dalam keterampilan membaca pemahaman dapat dilakukan dengan pembelajaran kelompok, salah satunya melalui teks cerpen. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada semua siswa. Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman, cerpen, cerpen dalam pembelajaran membaca pemahaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.