APRESIASI UNSUR EKSTRINSIK DAN INSTRINSIK CERPEN SERTA MAKNA AMBIGUITAS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMKN 2 KARAWANG

Rahmania Putri Nosianti, Aulia Yasmin Andini, Egha Ardilla Oktari, Fathan Haridh

Abstract


ABSTRAK
Hal yang penting diperhatikan dalam kegiatan membaca ialah kemampuan seseorang untuk memahami makna bacaan secara menyuluruh, atau yang disebut dengan kemampuan membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam rangka memeroleh ilmu pengetahuan, informasi, serta memeroleh hiburan. Banyak informasi direkam dan di komunikasikan melalui media tulis. Oleh karena itu, membaca pemahaman merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan informasi. Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan siswa dalam menjalani proses pendidikan. Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan melalui aktivitas membaca. Ilmu yang diperoleh siswa tidak hanya di dapat dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi melalui kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kemampuan membaca dan kemampuan memahami bacaan menjadi bagian penting dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan siswa. Kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca. Melihat kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik pada cerpen, kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, dan agar siswa lebih memahami dalam materi kebahasaan dengan makna ambiugitas. Memberikan materi guna menunjang pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca. Membahas materi unsur intrinsik dan ekstrinsik serta materi kebahasaan dengan makna ambiugitas. Sehingga siswa lebih memahami materi-materi tersebut. Kata Kunci : Kemampuan membaca, Membaca Pemahaman, Meningkatkan Pengetahuan dan Informasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.