CERITA FABEL DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN (Studi analisis Deskriptif di Sekolah Dasar Negeri Anggadita IV Klari, Karawang)

Septa Dwi Guna, Miftah Farid, Tanti Aprilliani, Desita Dwi Suciyani, Nurwinda Rahmawati, Dian Nur Sahar Meilani

Abstract


ABSTRAK Pendidikan sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan masyarakat. Karena dengan pendidikan, masyarakat bisa mendapatkan ilmu serta pengetahuan yang baru untuk meningkatkan kualitas seseorang serta memberikan informasi. Dengan ketidaksiapan masyarakat terhadap perekembangan teknologi yang dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun, dengan begitu masyarakat mulai ketergantungan menggunakan teknologi seperti gawai membuat sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami kemunduran dalam minat membaca. Terlebih anak-anak dibawah umur yang mudah terpengaruh dengan perkembangan teknologi, sehingga menyebabkan budaya literasi terhadap anak perlahan luntur. Kemampuan membaca merupakan kemampuan mendasar yang wajib dikuasai oleh siswa kelas II di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui kegiatan mendongeng dengan cerita fabel kegiatan ini berfungsi untuk mendapatkan data didalam mata pelajaran membaca dan mengetahui perkembangan siswa dengan cara membaca permulaan di SDN Anggadita Klari IV. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan untuk mengetahui kecapaian dalam membaca berupa teknik berupa kuesioner.  Kata Kunci: Pendidikan karakter, Sastra Dongeng, Membaca Permulaan dan Penguatan Pembelajaran Membaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.