ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMANFAATANNYA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN LITERASI AWAL BERBASIS FABEL

Slamet Triyadi, Rama Wijaya A. Rozak, Yusuf Ali Tantowi, Hendra Setiawan, Enjang Supriatna

Abstract


Abstrak

Pembelajaran literasi awal harus dioptimalkan di setiap instansi pendidikan, karena literasi menjadi kebutuhan pokok bagi siswa untuk meningkatkan prestasinya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SD. Berdasarkan hasil analisis tersebut, kemudian dirancang sebuah pembelajaran literasi awal/membaca permulaan yang menggunakan media cerita fabel yang bermuatan nilai religius. Data penelitian didapatkan melalui serangkaian tes yang diajukan kepada 45 siswa kelas 2 di SDN Budhi Karya, Bandung. Tes yang diberikan meliputi tes mengeja huruf dan membaca kata. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diterjemahkan dalam bentuk tabel. Data penelitian menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, yaitu masih banyak terjadi kesalahan pelafalan yang dilakukan oleh siswa. Terjadi kesalahan pelafalan pada 15 huruf yang diujikan kepada siswa. Hal tersebut terjadi karena kesalahan penganalisisan siswa terhadap jenis huruf yang dibacanya. Begitu juga halnya dengan tes kedua, yaitu membaca kata bermakna. Masih banyak siswa yang belum mampu membaca kata dengan pelafalan yang sesuai. Hal ini menjadi data yang relevan untuk merancang pembelajaran membaca permulaan. Pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dalam kegiatan membaca. Siswa akan dapat berkontribusi dalam prestasi apabila mendapatkan kemampuan membaca yang memadai. Kata Kunci: Pembelajaran Literasi Awal, Kemampuan Membaca Permulaan, Cerita Fabel, Fabel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.